Sukses

Cek Fakta: Foto Ini Bukan Peristiwa Seorang Ayah Melarang Anak Berhijab

Beredar foto yang diklaim seorang ayah melarang anaknya berhijab. Tampak sang ayah menyiksa si anak, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim seorang ayah melarang anaknya berhijab beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Riby Bunga Venica pada 9 Maret 2019.

Dalam foto tersebut, tampak seorang pria memukul anak kecil yang terbaring di tanah. Selain itu, ada juga foto si anak tampak diseret oleh si pria tersebut.

Akun Facebook Riby Bunga Venica mengaitkan foto tersebut dengan seorang ayah yang melarang anaknya menggunakan hijab.

Berikut narasinya:

"HEBOH DI KOTA LAMPUNG TEPATNYA DIMETRO BERAKHIR TRAGIS SEORANG AYAH MELARANG ANAKNYA BERHIJAB..'

"Hijabku Sayang Hijabku Malang"

Seorang ayah marah besar ketika melihat anaknya memakai hijab dan pakaian muslimah..'Ayah : "Buka dan buang pakaian,itu.!!!Ayah benci melihat engkau memakainya..'

Dengan tegas dan lantang sang anak menjawabnya..!!'

Anak : "Sebagai seorang muslim seharusnya ayah senang melihat anknya memakai hijab dan menutup aurat, tpi kenapa ayah begitu benci dgn pakaian ini,bukankah ini perintah agama kita..?'

Ayah : "Kalau kamu masih memakai pakaian itu, silahkan pergi dari rmh ini, aku tdk sudi melihatmu mengenakan pakaian itu,,!!' pergi kau sekarang juga..!!'

sang anak semakin sdih mendengar ucapan ayahnya,niat baiknya ingin memakai hijab dan menutup aurat dilarang oleh orang tuanya,,tpi niatnya sudah bulat memakai hijab & mnutup aurat..'Dan akhirnya sang anak mulai kesal dan putus asa dgn berlinangan air mata..'

Anak : "Jika ayah tdk mengijinkan aku menutupi aurat,lebih baik ayah bunuh saja aku skrang,lebih baik aku mati daripada hidup dgn membuka aurat..'

Sang ayah terdiam,krn mndengar ancaman anknya itu..'Ibunya pun menghampirinya'

Ibu : "Bukannya kami tdk suka melihat kamu berhijab dengn menutup aurat,tapi kamu ini kan laki2 saripuddin..!!(sambil memukul anaknyapake panci).' Awas kamu jgn ngaku2 "SARI" lagi...!!'buka hijab kamu,hapus lipstik & alis kamu,buang mascara kamu itu saripuddin'

serius amat bacanya..🤣🤣," tulis akun Facebook Riby Bunga Venica.

Konten yang disebarkan Facebook Riby Bunga Venica telah 5.300 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim seorang ayah melarang anaknya berhijab. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Pria Ini Pukuli lalu Seret Anak Perempuannya Pakai Sepeda Motor" yang dimuat situs kompas.com padad 1 Maret 2018 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kompas.com

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang anak perempuan berusia 10 tahun dihajar oleh ayahnya lalu diikat di belakang sepeda motor dan diseret.

Peristiwa mengenaskan ini terekam dalam kamera video yang kemudian diunggah ke media sosial.

Dalam video itu terlihat seorang pria yang kemudian diketahui bermarga Wei (38) memukuli anak perempuannya.

Wei memukuli bokong, punggung, dan kepala putrinya dengan menggunakan sebatang kayu. Anak perempuan itu terdengar menjerit kesakitan tetapi tak ada orang yang menghentikan kebrutalan Wei.

Tak puas memukuli anaknya, Wei kemudian menyeretnya lalu mengikatnya di belakang sepeda motornya. Wei kemudian menyeret putrinya itu di sepanjang jalan yang berbatu.

Video itu diyakini diambil di kota Ya Long, wilayah otonomi Da Hua Yao di provinsi Guangxi, China pada Rabu (28/2/2018).

Dengan cepat video itu menyebar di media sosial hingga dilihat polisi setempat pada pukul 15.30 di hari yang sama.

Menurut pernyataan resmi kepolisian, mereka langsung melakukan pencarian dan menemukan Wei dan putrinya berada di sebuah pasar.

Polisi kemudian menangkap Wei dan menjeratnya dengan dakwaan melakukan penyiksaan terhadap anak.

Sementara, anak perempuan itu dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan atas luka-luka di tubuhnya.

Dalam pemeriksaan, Wei mengatakan, dia pergi ke kediaman kerabatnya untuk menjemput putrinya dan mengantar dia ke sekolah.

Namun, saat putrinya menolak untuk pulang dan bersekolah dia naik pitam dan memukuli anak itu. Demikian dikabarkan harian Beijing News.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim seorang ayah melarang anaknya berhijab ternyata tidak benar. Foto tersebut merupakan gambar tangkapan layar dari video seorang pria bernama Wei yang memukul anaknya. Peristiwa tersebut terjadi di Kota Ya Long, Goangxi, China pada Februari 2018 silam.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.