Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Elvy Sukaesih Meninggal Dunia pada 23 September 2020

Beredar kabar hoaks Elvy Sukaesih meninggal dunia pada 23 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang ratu dangdut Elvy Sukaesih meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar ini beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada 23 September 2020.

Pesan berantai itu berisi informasi mengenai kabar duka tentang ratu dangdut Elvy Sukaesih meninggal dunia. Dalam pesan itu disebutkan bahwa Elvy meninggal dunia karena terjangkit virus corona Covid-19.

"Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Rooji'uun ...Ratu Dangdut Meninggal Dunia Covid-19. Semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala mengampuni segala kekhilafan almarhumah. Aamiin," demikian isi pesan tersebut.

Benarkah kabar Elvy Sukaesih meninggal dunia? Berikut penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang ratu dangdut Elvy Sukaesih meninggal dunia pada 23 September 2020. 

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "elvy sukaesih meninggal dunia". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Hoaks Elvy Sukaesih Meninggal Beredar, Anak Balikkan Jadi Doa Panjang Umur" yang dimuat situs Liputan6.com pada 23 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, pedangdut senior Elvy Sukaesih rupanya sempat positif Corona Covid-19. Kini ia telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Hanya saja, tak lama kemudian beredar kabar bahwa Elvy Sukaesih meninggal dunia karena penyakit ini. Tak mau hoaks ini dipercaya banyak orang, Fitria Sukaesih langsung membuat klarifikasi yang mementahkan isu soal sang ibu.

"Jadi berita hoaks yang entah siapa menyebarkan. Allah dan malaikat menjadi saksi. Alhamdulillah Umi Elvy sehat wal afiat. Berita hoaks Umi Elvy Sukaesih meninggal dunia bohong adanya," tuturnya dalam unggahan Instagram Stories pada Selasa (23/9/2020) kemarin. 

Elvy Sukaesih yang berada di sampingnya langsung menimpali, "Ya Allah, Panjang umur insyaAllah."

Beredarnya hoaks ini lantas dibalikkan oleh Fitria sebagai doa panjang umur.

"Mudah-mudahan jadi kesehatan, jadi kebaikan, jadi keselamatan, panjang umur, sehat wal afiat," tuturnya.

Hanya saja, ia tetap menyesalkan mengapa hoaks seperti ini bisa beredar.

"Tolong dipikirin kasihan saudara-saudara kita, banyak keluarga. Banyak juga orang-orang yang cinta Umi, yang mungkin umurnya udah enggak muda lagi kan kaget dengar berita hoaks seperti itu," kita dia.

Sementara itu, Elvy Sukaesih mengucapkan syukur atas karunia kesembuhan yang diterimanya.

"Alhamdulillah ya Allah ya Rabb ini kekuatan doa dari semua yang sayang Umi. Yang terutama dengan izinnya Allah ya Rabb," tuturnya.

Ia menambahkan, "Yang lain jangan, jangan ngerasain kayak Umi. Mudah-mudahan sehat semua."

Aamiin!

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang ratu dangdut Elvy Sukaesih meninggal dunia pada 23 September 2020 ternyata tidak benar alias hoaks. Putri dari Elvy Sukaesih, Fitria Sukaesih membantah kabar tersebut. Ia memastikan bahwa sang ibu dalam keadan sehat.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini