Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Peti Mati Kardus untuk Ketua KPU

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com memperoleh foto yang diklaim peti mati dari kardus untuk ketua KPU.

Klaim foto yang diklaim peti mati dari kardus untuk ketua KPU tersebut diunggah akun Facebook Nasrial Sana, pada 22 September 2020.

Foto yang diunggah memperlihatkan dua orang sedang duduk di depan peti hitam yang mengeluarkan benda berbentuk kotak panjang berwarna coklat.

Pada foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"UDAH DI PESAN KHUSUS DARI KARDUS UNTUK KETUA KPU".

Benarkah foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU

 

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Growing Demand for Cardboard Coffins in Venezuela" yang dimuat situs avax.news.

Artikel situs avax.news memuat rangkaian foto, salah satunya identik dengan foto klaim.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU

Artikel situs avax.news menyebutkan, Elio Angulo dan Alejandro Blanchard memperkenalkan produk mereka kepada pelanggan potensial di kamar mayat di Valencia, di negara bagian Carabobo, Venezuela, pada 25 Agustus 2016.

Pengusaha Venezuela Alejandro Blanchard dan Elio Angulo memutuskan untuk membuat peti mati dari karton, mereka mencari nilai jual ekologis untuk bersaing dengan peti kayu dan kuningan klasik. Tiga tahun kemudian, dengan negara kaya minyak yang terperosok dalam krisis ekonomi yang parah, peti mati buatab mereka menjadi pilihan yang layak karena harga peti kayu yang tinggi dan kekurangan peti mati dari kuningan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Elio Angulo  dan Alejandro Blanchard meletakkan peti mati karton di dalam peti di kamar mayat di Valencia, di negara bagian Carabobo, Venezuela 25 Agustus 2016. (Foto oleh Marco Bello / Reuters)," .

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto peti mati dari kardus untuk ketua KPU tidak benar.

Foto peti mati tersebut sedang diperkenalkan pemiliknya Elio Angulo dan Alejandro Blanchard, kepada pelanggan potensial di kamar mayat di Valencia, di negara bagian Carabobo, Venezuela, pada 25 Agustus 2016.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini