Sukses

Cek Fakta: Hoaks Panggilan Seleksi Karyawan dari PT Angkasa Pura II

Beredar di media sosial surat panggilan untuk rekrutmen karyawan dari PT Angkasa Pura II. Sebelumnya surat serupa pernah beredar November 2019 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial surat panggilan untuk rekrutmen karyawan dari PT Angkasa Pura II. Sebelumnya surat serupa pernah beredar November 2019 lalu.

Dalam surat panggilan tersebut dicantumkan nama-nama calon karyawan yang dinyatakan lolos seleksi berkas rekrutmen PT Angkasa Pura II. Peserta diminta datang ke kantor PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno Hatta.

Namun, tertulis keterangan bahwa peserta harus menalangi biaya tersebut terlebih dahulu dengan membayar sejumlah uang kepada penanggung jawab seleksi. Peserta diarahkan untuk melakukan konfirmasi kehadiran untuk reservasi tiket pesawat ke nomor yang tertera.

Lalu benarkah PT Angkasa Pura II sedang mengadakan seleksi untuk rekrutmen karyawan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengunjungi website resmi PT Angkasa Pura II, angkasapura2.co.id. Dalam bagian karir terdapat informasi bahwa PT Angkasa Pura II belum membuka lowongan pekerjaan.

Berikut informasi lengkapnya:

"Pengumuman lowongan kerja PT Angkasa Pura II (Persero) akan diinformasikan secara resmi melalui website www.angkasapura2.co.id dan http://recruitment.angkasapura2.co.id.

PT Angkasa Pura II (Persero) tidak pernah memungut biaya apapun dalam proses seleksi penerimaan calon pegawai. Harap berhati-hati terhadap modus penipuan terkait informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura II (Persero), dan perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan atas penipuan tersebut.

Panitia Rekrutmen & Seleksi PT Angkasa Pura II (Persero) tidak menanggung segala bentuk biaya untuk keperluan rekrutmen dan seleksi dari kandidat dan tidak pernah meminta pembayaran dalam bentuk apapun dari kandidat.

Harap mengabaikan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang meminta sejumlah uang terkait rekrutmen dan seleksi."

Selain itu dalam akun resmi PT Angkasa Pura di Twitter, @AngkasaPura_2 yang sudah terverifikasi juga menyebutkan surat panggilan yang beredar adalah palsu.

"Info tersebut merupakan penipuan. Saat ini AP2 belum membuka lowongan pekerjaan kembali. Harap berhati-hati terhadap penipuan yg mengatasnamakan AP2. Utk informasi lowongan kerja hanya di situs resmi AP2 http://angkasapura2.co.id pada konten karir"

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Surat panggilan untuk seleksi karyawan PT Angkasa Pura II adalah tidak benar alias hoaks. Faktanya, PT Angkasa Pura II belum membuka lowongan dan tidak pernah meminta pungutan apapun saat proses rekrutmen.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.