Warga AS Klaim Lihat UFO di Jalan Raya, Ternyata Cuma Balon Udara

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 17 Sep 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 17 Sep 2020, 18:00 WIB
Penculikan oleh alien (4)
Perbesar
Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Max Pixel untuk ranah publik via Creative Commons)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 14 September 2020, seorang pengemudi di Jalan Raya 21 New Jersey, Amerika Serikat (AS) berhenti di tengah jalan dan membuat kemacetan. Mereka berhenti karena melihat sebuah objek angkasa yang dikira UFO.

Beberapa pengemudi di jalan raya tersebut terkejut dengan objek samar yang berada di langit. UFO pun langsung terlintas dipikiran mereka.

"UFO terlihat di New Jersey, Senin 14 September 2020 #UFO," kicau pemilik akun @DRoyFlor.

Untuk diketahui UFO dikenal sebagai benda terbang tidak dikenal. Unidentified Flying Object disingkat UFO disebut sebagai benda terbang yang tidak bisa diidentikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.

 

2 dari 3 halaman

Balon Terbang

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Namun faktanya, seperti dikutip dari Life Daily, UFO yang disebut oleh penduduk New Jersey adalah Goodyear Blimp, sebuah balon terbang milik sebuah produsen ban yang didirikan pada tahun 1898.

Pihak Goodyear sendiri sudah membenarkan kalau Goodyear Blimp milik mereka beradadi bagian utara New Jersey dan sebagian New York pada 14 Semptember 2020.

Balon udara itu sedang melakukan peliputan udara mengenai pertandingan sepak bola antara Giants New York melawan Pittsburg Steelers.

"Ini merupakan ikon sejati selama hampir seabad. Goodyear Blimp sangat mudah untuk dikenali sebenarnya," kata Chief Marketing Officer Goodyear, Mike Rytokoski.

Goodyear sudah menggunakan balon udara tersebut sejak tahun 1920-an. Pertama kali mereka gunakan untuk melakukan peliputan udara turnamen Roses Parade & Rose Bowl.

Berikut ini foto Goodyear Blimp:

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓