6 Mitos Tentang Ponsel yang Perlu Diketahui

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 16 Sep 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2020, 07:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi ponsel
Perbesar
Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta- Telepon seluler (Ponsel) saat ini menjadi perangkat komunikasi yang tidak bisa lepas dari kehiduoan manusia. Pasalnya, hampir seluruh kegiatan bisa dilakukan dalam genggaman melalui alat tersebut. Namun, dibalik semakin canggihnya ponsel ada sejumlah mitos yang perlu kita ketahui.

Dikutip dari Liputa6.com, berikut 6 mitos tentang ponsel yang perlu diketahui:

1. Main Ponsel Sambil Isi Daya Berbahaya

Mitos ini terus bergulir dari mulut ke mulut.

Apakah mitos ini didasarkan pada beberapa kebenaran atau hanya semacam legenda? Jelas ini tidak benar.

Setelah Anda membaca artikel ini, luangkan waktu sejenak untuk mencari beberapa video ponsel yang meledak di saku orang. Itu terjadi.

Tetapi mengisi daya telepon Anda dan menggunakannya pada saat yang sama tidak menempatkan Anda pada risiko ponsel Anda meledak.

2. Meredupkan Cahaya Layar Dapat Mengurangi Risiko Kesehatan Mata

Mengatur mode kecerahan pada ponsel untuk mengurangi mata.

Namun, seorang ahli kacamata tidak setuju dan mengklaim bahwa ketika Anda meredupkan layar alih-alih menyesuaikan pengaturan kecerahan dengan benar, Anda justru membuat mata Anda tegang.

Ini terjadi karena Anda perlu lebih fokus dan mata Anda harus bekerja dua kali lipat, yang juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Kecerahan layar yang ideal adalah kecerahan yang sama dengan cahaya di sekitar Anda, sehingga kedua cahaya tersebut menyatu dan alami untuk mata. 

3. Mengisi Daya Semalaman Dapat Merusak Baterai

Smartphone disebut "pintar" karena suatu alasan, dan di antara semua fungsi praktisnya ada kemampuan untuk mengenali bahwa baterainya terisi penuh.

Ponsel Anda akan menghentikan arus masuk tanpa bantuan Anda, sama seperti ponsel mati saat baterai berada pada titik terendah.

Jika Anda benar-benar peduli dengan masa pakai baterai Anda, jangan biarkan baterai terlalu sering habis, segera isi daya ponsel Anda saat handphone masih dalam keadaan hidup. 

4. Menutup Aplikasi Bisa Menghemat Daya Ponsel

Pernyataan ini tampaknya sangat logis, dan Anda mungkin berpikir bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, semakin banyak pekerjaan yang dilakukan ponsel Anda.

Faktanya, seperti yang dinyatakan oleh Apple, menutup aplikasi untuk menghemat daya baterai tidak membantu dan bahkan memperburuk keadaan.

Semua aplikasi secara otomatis ditutup dan jika Anda mengganggu dan menutupnya secara manual, Anda sebenarnya membuat ponsel Anda kehilangan lebih banyak daya.

5. Mengeringkan Smartphone dengan Pengering Rambut

Menggunakan pengering rambut adalah ide buruk untuk mengeringkan handphone setelah terkena cairan. Cara ini mungkin dapat sedikit membantu mengeringkan ponsel Anda, tetapi akan membuatnya terlalu panas.

Cara terbaik adalah membiarkannya kering di atas rak. 

6. Radiasi Elektromagnetik Dapat Menyebabkan Kanker dan Masalah Kesehatan Lainnya

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengkhawatirkan pernyataan ini sejak tahun 1990 dan, hingga saat ini, 25.000 artikel telah diterbitkan tentang topik tersebut. 

WHO menyatakan bahwa hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa medan elektromagnetik tingkat rendah dapat membahayakan kesehatan manusia dengan cara apa pun. Namun, WHO juga mengatakan bahwa jika seseorang berdiri tepat di dekat antena atau radar yang menghasilkan gelombang tersebut, risikonya bisa meningkat. 

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓