Sukses

Cek Fakta: Ditonton Puluhan Ribu Orang, Video Viral Rusia Bershalawat Ternyata Salah Narasinya

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut video viral wanita di Rusia menggunakan jilbab sedang melakukan shalawat.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, media sosial, Facebook, dihebohkan dengan sebuah video viral yang menggambarkan wanita di Rusia menggunakan jilbab sedang melakukan shalawat yang diikuti oleh para penonton.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut video viral wanita di Rusia menggunakan jilbab sedang melakukan shalawat.

Tiga akun itu adalah Sarwo Ngafif, Abdul Kafi, dan Haris Ginting S. Berikut ini narasi video yang ada di akun Facebook milik Abdul Kafi:

"MALAM JUM'AT DIANJURKAN BANYAK BERSHOLAWAT DAN ISTIGHFAR, APALAGI DALAM BULAN ROBI'UL- AWAL MENJELANG MALAM KELAHIRAN NABI MUHAMMAD S.A.W.

BAHKAN ORANG RUSIA JUGA BERSHOLAWAT SEPERTI DI VIDEO INI"

Benarkah video viral tersebut menggambarkan wanita di Rusia menggunakan jilbab sedang melakukan shalawat?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com melakukan penelusuran dengan cara membuat tangkapan layar dari video tersebut. Kemudian, tim memasukkan tangkapan layar tersebut ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasil penelusuran mengarahkan ke Channel Youtube media Malaysia, Utusan Online. Video dengan judul: "Kehebatan Sharifah Khasif" itu sudah ada di Youtube sejak 26 Maret 2018 dan sudah ditonton sebanyak 900 ribu kali.

Dalam keterangan video tersebut, Utusan Online menyebut qariah terkenal Malaysia Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Baduzzaman Al Yahya menyanyikan lagu kasidah di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

"Video berdurasi 6 menit 25 detik itu menunjukkan Sharifah Khasif melantunkan Selawat Rasulullah di hadapan lebih dari 10.000 orang dan diiringi dua penari Sufi dari Turki serta sekelompok penyanyi latar dan musisi pengiring," begitu keterangan di channel Youtube Utusan Online.

Untuk melihat video aslinya, Anda bisa melihat tautan berikut ini.

Hasil penelusuran juga mengarah ke situs AFP. Dalam artikel yang tayang pada 8 September 2020, video itu dijelaskan oleh AFP sebagai seorang qariah dari Malaysia di Bosnia dan Herzegovina.

Dijelaskan oleh AFP kalau video dengan narasi yang salah ini sudah ditonton lebih dari 24 ribu kali sejak 24 Mei 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menyebut Rusia bershalawat adalah salah. Faktanya, video itu menggambarkan qariah terkenal Malaysia Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Baduzzaman Al Yahya menyanyikan lagu kasidah di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.