Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Penampakan Mobil Esemka

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan mobil Esemka

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto mobil yang diklaim sebagai penampakan mobil Esemka. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Rudi Bandos, pada 8 September 2020.

Unggahan foto yang diklaim penampakan mobil Esemka tersebut berupa foto mobil berwarna merah, dengan ban yang menghadap ke samping, tidak searah dengan ban mobil.

Pada mobil tersebut terdapat tulisan "ESEMKA"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"INI PENAMPAKKAN MOBIL GHOIB DAN HANYA PARA CEBONG YANG BISA MENJELASKANNYA MANA DEPAN MANA BELAKANG DAN MANA YANG DISAMPING..JELASIN YANG SEJALAS-JELASNYA YA BONG BIAR CEPAT LAKU TERJUAL MOBIL GHOIB INI... 😂😂😂😂"

Benarkah foto penampakan mobil Esemka? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan mobil Esemka dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan mobil Esemka

 Penelusuran mengarah pada situs memedroid.com, situs tersebut memuat foto mobil yang identik dengan klaim foto penampakan mobil Esemka. Namun, tidak terdapat tulisan "Esemka" pada mobil tersebut.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan mobil Esemka

 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Mau Ketawa Takut Dipenjara, Mobil Esemka Mendunia Bikin Ngakak" yang dimuat situs viva.co.id, pada 8 Juni 2020.

Artikel situs situs viva.co.id membuat foto mobil yang identik dengan klaim foto penampakan mobil Esemka. Dengan diberi keterangan foto tersebut merupakan ilustrasi satire mobil Esemka.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto penampakan mobil Esemka tidak benar.

Foto mobil tersebut merupakan hasil ilustasi yang telah di edit dengan memberikan tulisan Esemka.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.