Sukses

6 Fakta Menarik Kim Jong-un: Kehidupan Penuh Misteri, tapi Pernah Buat Girlband

Hingga saat ini, masa lalu Kim Jong-un masih misterius karena banyak yang tidak bisa membuktikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kim Jong-un merupakan pemimpin tertinggi di Korea Utara sejak 28 Desember 2011. Dia merupakan putra dari Kim Jong-il dan cucu dari Kim Il-sung.

Hingga saat ini, masa lalu Kim Jong-un masih misterius karena banyak yang tidak bisa membuktikannya. Namun menurut laporan yang dimuat dalam surat kabar Jepang, Kim pernah bersekolah di Bern, Swiss.

Laporan pertama mengklaim bahwa ia bersekolah di Sekolah Internasional Bahasa Inggris swasta di Gümligen, di dekat Bern, dengan menggunakan nama "Chol-pak" atau "Pak-chol", dari tahun 1993 sampai 1998.

Berikut ini, Tim Cek Fakta Liputan6.com punya 6 fakta menarik tentang Kim Jong-un yang jarang diketahui:

1. Tanggal Kelahiran Misterius

Hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui kapan Kim Jong-un dilahirkan. Bahkan, di situs Wikipedia, tidak dijelaskan kapan Kim Jong-un pertama kali berada di Bumi.

Beberapa media luar menyebut Kim Jong-un lahir pada 8 Januari atau 6 Juli 1982, mungkin 1983 atau mungkin 1984. Namun, tidak ada yang bisa memastikan kebenaran tersebut.

Selain itu, masa kecil pemimpin Korea Utara itu masih menjadi misteri. Kim Jong-un tidak pernah mempublikasikan foto masa kecilnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Gaya Rambut

Kim Jong-un mempunyai potongan rambut yang khas dan lucu, yaitu potongan rambut simpel bergaya militer. Potongan rambut ini pernah ditiru oleh Brad Pitt kala menjadi aktor film Fury di tahun 2015. Potongan rambut Jong-un kelihatan aneh karena dia menggunakannya dengan cara yang salah, yaitu tidak cocok dengan bentuk wajahnya.

Kendati terlihat aneh, gaya rambut Kim Jong-un sangat populer di Korea Utara dan dikenal dengan potongan “ambisi”. Menurut laporan BBC dari Radio Free Asia menyatakan bahwa para siswa sekarang diharuskan mempunyai gaya potongan rambut seperti Kim Jong-un.

 

 

3 dari 7 halaman

3. Pernah Membuat Girlband

Pada 7 Juli 2012, Kim Jong-un rupanya pernah terlibat dalam pembuatan sebuah girlband Korea Utara bernama Moranbong Band. Ini merupakan girlband pertama yang ada di Korea Utara.

Mereka beranggotakan lima wanita Korea Utara yang dipilih oleh Kim Jong-un. Selain memilih anggota, Kim Jong-un juga diklaim menciptakan beberapa lagu bagi Ratu K-pop Korea Utara itu, seperti O My Motherland Full of Hope, Our Father dan We Think of the Marshall Day and Night.

Salah satu yang membedakan Moranbong Band dengan girlband Korea Selatan adalah mereka memainkan sendiri alat musik, mulai dari biola elektrik, celo, keyboard, drum, gitar, saxophone, serta synthesizer.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Pernah Operasi Plastik

Saat usia 27 tahun, Kim Jong-un pernah melakukan operasi plastik. Namun, dia punya alasan tersendiri melalkukan operasi plastik di bagian wajahnya.

Biasanya, orang melakukan operasi plastik untuk terlihat tampan atau cantik. Namun, Kim Jong-un melakukan itu untuk membuat wajahnya terlihat mirip dengan sang kakek, Kim Il Sung.

Dia juga mengubah bagian alisnya. Kim Jong-un membuat alisnya lebih pendek supaya terlihat sama dengan ayahnya, Kim Jong-il.

 

5 dari 7 halaman

5. Mengidolakan Michael Jordan

Kim Jong-un sangat menyukai basket. Bahkan, dia dilaporkan mengoleksi banyak poster Michael Jordan di dinding kamar asramanya saat menjalani sekolah di Swiss.

Bahkan, disebutkan oleh NBC News, Kim Jong-un merupakan fans garis keras Chicago Bulls. Dia malah sudah pernah berjumpa dengan legenda Chicago Bulls, Dennis Rodman di awal September 2013.

"Dia adalah pemain yang kompetitif, sangat eksplosif. Dia adalah pembuat permainan. Dia membuat sesuatu terjadi. Dia benci kalah. Kemenangan itu sangat penting," kata mantan teman sekelas Kim Jong-un, Nikola Kovacevic kepada The Mirror.

 

 

6 dari 7 halaman

6. Menikah dengan Pemandu Sorak

Kim Jong-un menikah dengan mantan pemandu sorak sekaligus penyanyi, Ri Sol Ju, tapi tidak ada yang tahu persis kapan mereka menikah, menurut NBC News.

Intelijen Korea Selatan percaya pasangan itu mungkin menikah pada 2009 dan memiliki anak pertama pada 2010. Kemudian, Ri Sol Ju dilaporkan melahirkan seorang anak perempuan pada 2013, dan diyakini memiliki anak ketiga pada 2017.

7 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini