Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Nama Baim Wong di Facebook

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 04 Sep 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 14:37 WIB
Gambar Tangkapan Layar Grup Facebook Mencatut Nama Baim Wong
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Grup Facebook Mencatut Nama Baim Wong

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY beredar di media sosial. Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY memuat beberapa unggahan yang mengklaim membagikan hadian sejumlah uang dengan syarat tertentu.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Berikut narasinya:

#SISA WAKTU 1 JAM LAGI😍

Selamat Kalian Yang Sudah Dapat Uang Gratis nYa Tinggal 150 Orang Lagi...!!!

Syarat nya :

1. Spam "P" 30x = 10Juta

2. Spam "P" 50x = 60Juta

3. Spam "P" 100x = 200 Juta

➡️WAJIB IKUTI FB DONATUR INI👇https://www.facebook.com/julie.sean.7127

⬆️WAJIB IKUTI FACEBOOK DI ATAS KALAU TIDAK MAKA DI NYATAKAN GUGUR!!

#DIMULAIDARISEKARANG

Grup Facebook BAIM WONG GIVE AWAY telah diikuti 1,1 juta anggota. Beberapa unggahan di Grup Facebook tersebut, rata-rata dipenuhi ribuan komentar.

 

 


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs berbagi video dengan memasukkan kata kunci "klarifikasi baim giveaway penipuan".

Hasilnya terdapat beberapa Channel YouTube yang mengunggah klarifikasi istri Baim Wong, Paula Verhoeven terkait adanya giveaway palsu yang mencatut nama mereka.

Satu di antaranya video berjudul "Klarifikasi Paula : "Giveaway Hanya di Facebook Gaming BaimPaula , Jadi Hati-hati Penipuan ya Guys" yang dimuat Channel YouTube Baby Kiano Tiger Wong.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Baby Kiano Tiger Wong

Dalam video tersebut, Paula mengatakan, pihaknya tidak pernah mengadakan bagi-bagi hadiah atau giveaway di grup Facebook.

Bila pun ada giveaway di Facebook, Baim selalu menggunakan akun Facebook terverifikasi. Selain itu, giveaway hanya dilakukan di jam tertentu dan livestreaming. Bukan lewat grup Facebook.

"Giveaway kita itu selalu ada jamnya. Jadi kalau giveaway Baim Paula itu hanya hanya ada di YouTube dan Instagram, itu pun live. Kita live karena menghindari settingan, penipuan. Kalau pun ada di Facebook, itu giveaway di Facebook gaming. Selain itu, kita tidak pernah mengadakan giveaway," kata Paula dalam video yang diunggah pada 19 Juli 2020 tersebut.

Paula juga mengingatkan bahwa pihaknya tidak pernah meminta uang kepada para pemenang giveaway. Ia juga berharap, masyarakat lebih berhati-hati dengan adanya giveaway palsu. Sebab hal itu dikhawatirkan modus penipuan.

"Kalau ada yang minta dikirimin uang, atau apapun itu, itu bukan dari kita. Jadi jangan sampai ketipu guys, hati-hati," ucap Paula.

 

 


Kesimpulan

Klaim tentang artis sekaligus YouTuber Baim Wong membagikan hadiah lewat Grup Facebook bernama BAIM WONG GIVEAWAY ternyata tidak benar alias hoaks. Baim tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

 

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya