Sukses

Cek Fakta: Hoaks Cilandak Barat Jadi Zona Merah Covid-19

Beredar pesan berantai di aplikasi percakapan soal Cilandak Barat jadi zona merah covid-19. Pesan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar pesan berantai di aplikasi percakapan soal Cilandak Barat jadi zona merah covid-19. Pesan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Dalam pesan berantai berbahasa Inggris itu disebutkan pusat perbelanjaan seperti Pondok Indah Mall dan Cilandak Town Square harus dihindari saat ini.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Cilandak Barat, South Jakarta has been declared as a new red zone cluster. Please do consider wisely if you are going to commercial centers, i.e. PIM, Citos and other business districts. Latest tracks of COVID-19 positive patients: Kemang commercial areas, office park in TB Simatupang, Senopati al fresco dinning and Cipete F&B strip

Source: JakRideNow 100K"

atau yang berarti

"Cilandak Barat, Jakarta Selatan sudah dicanangkan sebagai cluster zona merah baru. Mohon pertimbangkan dengan bijak jika akan ke pusat komersial seperti PIM, Citos dan kawasan bisnis lainnya. Jejak terbaru pasien positif COVID-19: Area komersial Kemang, taman perkantoran di TB Simatupang, Senopati al fresco dinning dan Cipete F&B strip"

Sumber: JakRideNow 100K "

Lalu benarkah Cilandak Barat menjadi zona merah baru covid-19?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Camat Cilandak, Mundari untuk dikonfirmasi soal pesan berantai tersebut. Dia membantah isi pesan berantai itu.

"Yang jelas informasi itu tidak benar alias hoaks. Dari isinya saja sudah jelas tidak benar, karena Cilandak Barat itu daerahnya tidak sampai ke Kemang, Cipete dan bahkan Senopati, itu ngawur sekali yang membuat," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (3/9/2020).

"Lagipula untuk menetapkan sebuah daerah menjadi zona merah covid-19 tidak sembarangan. Data soal kasus covid-19 di Cilandak Barat sendiri sudah ada di situs corona.jakarta.go.id," katanya menambahkan.

"Untuk pusat perbelanjaan dan pasar di wilayah Cilandak tetap buka sesuai protokol kesehatan."

 
 
 
View this post on Instagram

❌❌❌ ... DISINFORMASI Beredar informasi di media sosial bahwa Cilandak Barat - Jakarta Selatan, telah ditetapkan sebagai klaster zona merah baru Covid-19. Warga diimbau agar pertimbangkan dengan bijak jika akan pergi ke pusat komersial, seperti PIM, Citos, dan kawasan bisnis lainnya. Jejak terbaru pasien positif Covid-19, antara lain: Area komersial Kemang, taman perkantoran di TB Simatupang, Senopati al fresco dining, dan Cipete F&B strip. ... [PENJELASAN] Berdasarkan hasil koordinasi Tim JalaHoaks dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta (02/09/2020), ditegaskan bahwa berita tersebut adalah tidak benar atau hoaks. Selengkapnya data detail kasus aktif positif Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi corona.jakarta.id pada kategori "Peta Persebaran". Pada laman tersebut juga terdapat pilihan "Download Data Harian di sini (Excel)" yang bila dibuka maka akan terhubung pada link https://riwayat-file-covid-19-dki-jakarta-jakartagis.hub.arcgis.com/, yang menyajikan "Riwayat File Covid-19 DKI Jakarta" dan dapat diunduh dalam bentuk rekap file excel harian. ... [KESIMPULAN] Informasi bahwa Cilandak Barat - Jakarta Selatan, telah ditetapkan sebagai klaster zona merah baru Covid-19, adalah tidak benar. Selengkapnya data detail kasus aktif positif Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat melalui website resmi corona.jakarta.id pada kategori "Peta Persebaran". ... Kategori Informasi: Disinformasi Kategori Hoaks: Konten/ Informasi Sesat (Misleading Content) ... Sumber Fakta: Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

A post shared by Jakarta Lawan Hoaks (@jalahoaks) on

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Cilandak Barat sebagai zona merah baru covid-19 adalah tidak benar alias hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.