Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Jokowi Berharap Semua Menerima Kehadiran TKA China Sebagai Saudara yang Mencari Nafkah

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah.

Klaim Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah tersebut diunggah akun Facebook Heri Asrul, pada 31 Agustus 2020. Unggahan tersebut berupa tangkapam layar judul artikel "Jokowi Berharap, Kita Semua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina Sebagai Saudra Yang Mencari Nafkah Disini" yang dimuat situs swarakyat News.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Iya Pak Deh, kami terima...

Kami rela dikorbankan, bahkan di PHK pun kami terima...

Karena kami sudah nggak butuh makan, nggak butuh hidup layak lagi, dan nggak butuh hidup...?????

Demi saudaramu Si Komunisme Tiongkok...!!!!!

Yang harus kau sejahterakan...???"

Benarkah Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Presiden Jokowi berharap swarakyat'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Jokowi Berharap Masyarakat Takut Kepada Allah dan Api Neraka" yang dimuat situs swarakyat.com, pada 27 Agustus 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara

 

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, selain itu jam tayang artikel tersebut juga sama dengan tangkapan layar klaim.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "[DISINFORMASI] Jokowi Berharap, Kita Semua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina sebagai Saudara Yang Mencari Nafkah Disini" yang dimuat situs kominfo.go.id, pada 2 Agustus 2020.

Situs kominfo.go.id menyebutkan, klaim yang menyebutkan bahwa Jokowi Berharap, Kita Semua Dapat Menerima Kehadiran TKA Cina sebagai Saudara Yang Mencari Nafkah Disini adalah tidak benar. Judul pada artikel tersebut telah mengalami pengeditan dari artikel asli yang berjudul “Jokowi Berharap Masyarakat Takut Kepada Allah dan Api Neraka”.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Jokowi berharap semua menerima kehadiran TKA China sebagai saudara yang mencari nafkah tidak benar.

Judul artikel pada klaim tersebut telah diedit dari artikel asli yang berjudul “Jokowi Berharap Masyarakat Takut Kepada Allah dan Api Neraka”.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.