Sukses

Cek Fakta: Hoaks Luhut Sebut Jokowi Hafal Alquran 40 Juz Saat Usia 10 Tahun

Beredar klaim hoaks Luhut bilang Jokowi hafal alquran saat usia 10 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut Jokowi hafal Alquran 40 juz saat usia 10 tahun beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Ronaldo Fernando pada 31 Agustus 2020.

Akun Facebook Ronaldo Fernando mengunggah gambar Luhut yang tengah berbicara dengan menggunakan microfon. Dalam gambar itu terdapat narasi sebagai berikut:

Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 juz

Akun Facebook Ronaldo Fernando menambahkan keterangan dalam konten yang diunggahnya tersebut.

"Alpateka....," tulis akun Facebook Ronaldo Fernando.

Konten yang disebarkan akun Facebook Ronaldo Fernando telah 290 kali dibagikan dan mendapat 1.000 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Jokowi hafal Alquran 40 juz saat usia 10 tahun. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 juz".

Hasilnya, tidak ditemukan artikel dari media arus utama yang mengabarkan klaim tersebut. Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat sebuah artikel yang memuat foto serupa. Adalah artikel berjudul "Luhut: Jokowi Pilih Ma'ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI" yang dimuat situs cnbcindonesia.com pada 14 Agustus 2018 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai pendapat Luhut soal alasan Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya pada Pilpres 2019.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs cnbcindonesia.com

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut Jokowi hafal Alquran 40 juz saat usia 10 tahun ternyata tidak benar.

Luhut tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. Gambar yang diunggah akun Facebook Ronaldo Fernando diduga telah disunting dan ditambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini