Cek Fakta: Hoaks Gambar BBM Premium Kemasan Saset

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 01 Sep 2020, 20:07 WIB
Diperbarui 01 Sep 2020, 21:13 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Hoaks BBM Premium Kemasan Sachet
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Foto Hoaks BBM Premium Kemasan Sachet

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang PT Pertamina (Persero) mengeluarkan bahan bakar minyak (BBM) premium kemasan saset beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid pada 31 Agustus 2020.

Akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid mengunggah gambar berisi kantong saset bertuliskan Bensin Sachet Pertamina Premium Kemasan Ekonomis. Ada juga kalimat sebagai berikut "Kini Bensin Ada Kemasan Sachet".

Akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid kemudian mengaitkan gambar tersebut dengan BBM premium kemasan saset dari Pertamina.

"Alhamdllah sdh ada yg sachetan.... 🤣🤣🤣😂😂😂😂😂😂," tulis akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid pada 31 Agustus 2020.

Konten yang disebarkan akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid telah 4 kali dibagikan dan mendapat 11 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang PT Pertamina (Persero) mengeluarkan bahan bakar kemasan saset. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi pihak Pertamina. Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak Pertamina belum merespons konfirmasi dari Liputan6.com.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mencari foto serupa di situs pencari Google Search. Liputan6.com menemukan gambar serupa di situs kaskus.co.id.

Gambar tersebut diunggah oleh akun Kaskus danhim pada 28 Agustus 2014 silam. Akun Kaskus danhim menambahkan narasi dalam gambar yang diunggahnya tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Konten dari Situs kaskus.co.id

"Pertamina mengeluarkan bensin sachet gan harus diliat..!! biar pada gak ngantri bbm," tulis akun Kaskus danhim.

Liputan6.com juga tidak menemukan artikel dari mana pun yang mengabarkan Pertamina mengeluarkan bbm kemasan saset.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang PT Pertamina (Persero) mengeluarkan bahan bakar kemasan saset ternyata tidak benar alias hoaks. Gambar yang diunggah akun Facebook Muhammad Arkan Al Khalid diduga merupakan hasil suntingan dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya.

 

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓