Sukses

Cek Fakta: Video Hoaks Walikota Surabaya Tri Rismaharini Dibaptis di Gereja

Pengguna Facebook pada Senin (31/8/2020) dihebohkan dengan video yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dibaptis di gereja.

Liputan6.com, Surabaya - Pengguna Facebook pada Senin (31/8/2020) dihebohkan dengan video yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dibaptis di gereja. Video itu menjadi viral karena Risma merupakan seorang muslimah.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan satu akun di Facebook yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini dibaptis di gereja.

Akun yang mengunggah itu adalah KABAR WARAS. Video unggahannya sudah diposting sejak Minggu (30/8/2020) malam WIB dengan narasi sebagai berikut:

"RISMA DIBAPTIS DI GEREJA ... ?

Innalillahi Wainnailahi Rojiun"

Lalu, benarkah Walikota Surabaya Tri Rismaharini sudah dibaptis di gereja?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri fakta mengenai video Risma dibaptis menggunakan mesin pencari, Google. Hasilnya, tim menemukan artikel di Jatimtimes.com dengan judul: "Viral Video Wali Kota Risma 'Dibaptis', Pemkot Surabaya Beri Bantahan". Artikel itu sudah dipublikasikan sejak Senin pagi.

Video tersebut lantas langsung ditanggapi oleh pihak Pemkot Surabaya. Dikatakan oleh Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, yang membantah jika kegiatan tersebut merupakan pembaptisan.

Dijelaskan jika kegiatan di video itu merupakan bagian dari silaturahmi dengan para rohaniawan di seluruh Surabaya. "Kami pastikan bahwa dalam acara itu bu wali didoakan supaya selalu sehat dan selalu dilindungi Tuhan. Tidak ada acara lain selain itu," kata Febri.

Dia juga menegaskan jika di acara tersebut Risma menyampaikan komitmen untuk menjadi pelayan bagi semua warga Surabaya tanpa membedakan identitas.

Kemudian, dikutip dari brito.id, Febri mengatakan, pada saat itu Risma juga berjanji akan berusaha menjaga Kota Surabaya dari berbagai masalah. Risma juga sempat menyinggung insiden bom gereja beberapa tahun lalu yang mengoyak rasa kemanusiaan warga Surabaya khususnya.

Saat itu Risma mengaku tak tidur selama beberapa hari untuk memastikan Surabaya aman. Ia merasa sangat terpukul dan sedih dengan adanya insiden tersebut.

"Beliau juga keliling ke beberapa rumah ibadah untuk sekadar membangunkan satpam atau meminta mereka untuk selalu menutup pintu gerbangnya," tuturnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menyebut Walikota Risma dibaptis di gereja adalah hoaks. Video itu menggambarkan Risma sedang didoakan setelah silaturahmi dengan para rohaniawan di seluruh Surabaya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini