Sukses

Akibat Banyak Informasi Hoaks, Acara Talkshow Ini Nyaris Gagal Tayang di Rumah Hantu

Mark Baker, pendiri kastil yang disebut berhantu sempat mengabaikan email karena mengira informasi hoaks.

Liputan6.com, Wales - Acara talkshow populer di Inggris, I'm A Celebrity ... Get Me Out Of Here! hampir saja tidak punya tempat syuting karena banyak informasi hoaks yang bertebaran di media sosial dan internet.

Pihak I'm A Celebrity ... Get Me Out Of Here! sudah mengirimkan email sejak dua bulan lalu kepada Kastil Gwrych di Wales Utara untuk dijadikan tempat baru mereka. Sayangnya, Mark Baker, pendiri kastil tersebut, mengabaikan email karena mengira informasi hoaks.

"Saya menerima email dari mereka sekitar satu setengah atau dua bulan lalu. Saya mengabaikanya karena saya pikir itu hanya spam," kata Mark Baker kepada North Wales Live.

Namun, Baker yang penasaran mencoba menghubungi pihak Granada ITV, stasiun televisi yang menayangkan acara tersebut. Setelah mendapat konfirmasi, akhirnya Baker percaya kalau email itu asli, bukan hoaks.

"Setelah memeriksa ulang, saya menghubungi petugas lokasi di ITV dan dia mengatakan kalau itu memang talkshow yang ingin mereka buat di Kastil Gwrych, tapi pihak TV tidak mengungkapkan untuk apa," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaget Luar Biasa

Usai memberikan izin, Baker malah terkejut luar biasa. Tempat yang didirikannya dijadikan acara I'm A Celebrity ... Get Me Out Of Here!, talkshow yang populer dalam 12 tahun terakhir di Inggris.

"Ketika saya mengetahui apa pertunjukkannya, saya berpikir: 'Ini luar biasa'. Kami berharap ini bakal membuka Wales Utara ke seluruh Inggris, bahkan lebih jauh lagi," ucap pria kelahiran London tersebut.

Kastil Gwrych dipilih karena tempat tersebut diklaim paling berhantu di Britania Raya. Bahkan, para penggemar yang percaya ada invansi alien di kastil tersebut.

"Para seleb bakal bersipa untuk cobaan yang mengerikan. Namun, mereka bisa mendapatkan sesuatu yang lebih menatukan, invansi alien," kata seorang sumber yang tidak disebutkan namanya, dikutip dari Daily Star.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.