Cek Fakta: Hoaks Samsung Bagi-bagi Ponsel untuk Belajar Saat Pandemi Covid-19

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 27 Agu 2020, 15:51 WIB
Diperbarui 27 Agu 2020, 15:51 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Samsung Bagi-bagi Ponsel Saat Pandemi Virus Corona Covid-19
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Samsung Bagi-bagi Ponsel Saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Samsung membagikan telepon seluler (ponsel) untuk belajar saat pandemi virus corona Covid-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook samsung.id pada 20 Agustus 2020.

Akun Facebook samsung.id memberikan tata cara atau tutorial untuk bisa mendapatkan ponsel Samsung selama pandemi virus corona Covid-19.

"Kami ingin membantu siswa yang membutuhkan ponsel untuk belajar karena pandemi Covid19.

5.000 orang pertama dalam grup ini yang menulis huruf demi huruf "SAMSUNG" tanpa diganggu oleh pesaing lain akan menerima SAMSUNG MOBILE PHONES.

DAPATKAN PONSEL MOBILE UNTUK MAHASISWA DAN ANAK-ANAK ANDA

Lihat contoh berikut:

S

A

M

S

U

N

G," tulis akun Facebook samsung.id.

Konten yang disebarkan akun Facebook samsung.id telah 5.800 kali dibagikan dan mendapat 24 ribu komentar warganet.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Samsung membagikan telepon seluler (ponsel) untuk belajar saat pandemi virus corona Covid-19. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Searh dengan memasukkan kata kunci "samsung giveaway fake".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar bahwa Samsung membagikan ponsel selama pandemi virus corona Covid-19.

Satu di antaranya artikel berjudul "Beware! ‘Samsung Giveaway’ Facebook page a scam" yang dimuat situs africacheck.org pada 11 Agustus 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa akun Facebook yang mencatut nama Samsung dengan modus membagikan ponsel Samsung juga beredar di Afrika. Namun setelah ditelusuri, akun Facebook tersebut ternyata palsu dan tidak ada kaitannya dengan Samsung.

Akun Facebook asli Samsung dibuat lebih dari 10 tahun yang lalu, pada tanggal 20 Juli 2010. Halaman tersebut membagikan informasi kontak asli seperti alamat email dan situs situs.

Akun Facebook tersebut telah diverifikasi dengan tanda centang biru. Hadiah yang diiklankan oleh halaman "Samsung Giveaway" tidak muncul di situs resmi Samsung.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Kabar tentang Samsung membagikan telepon seluler (ponsel) untuk belajar saat pandemi virus corona Covid-19 ternyata tidak benar alias hoaks.

Akun Facebook yang mencatut nama Samsung dengan iming-iming membagikan hadiah ponsel juga beredar di Afrika. Namun setelah ditelusuri, akun Facebook tersebut ternyata palsu dan tidak ada hubungannya dengan Samsung.

 

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓