Sukses

Cek Fakta: Beredar Surat Penipuan Panggilan Calon Karyawan PT Pertamina DIY dan Surakarta

Dalam surat tersebut dinyatakan PT Pertamina akan melakukan tes seleksi calon karyawan pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Agustus 2020 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta.

Dalam surat tersebut dinyatakan PT Pertamina akan melakukan tes seleksi calon karyawan pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Agustus 2020 mendatang. Tes diadakan di Kantor Pertamina Marketing Branch DIY& Surakarta di Yogyakarta.

Selain itu surat tersebut juga meminta calon karyawan membawa surat panggilan tes interview, identitas diri, dan pas foto terbaru.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus maka akan langsung tes kesehatan pada keesokan harinya di tempat yang belum diinformasikan.

Lalu benarkah PT Pertamina membuka lowongan karyawan untuk daerah DIY& Surakarta?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman. Dia menyatakan surat panggilan tersebut tidak benar.

"Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com," ujar Fajriyah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (27/8/2020).

"Sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. Kami selalu melaporkannya kepada Kominfo terkait penipuan tersebut. Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan."

"Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000."

Penipuan serupa juga pernah ditulis Liputan6.com dengan judul artikel "Cek Fakta: Beredar Surat Penipuan Panggilan Seleksi Pegawai Pertamina" yang tayang 7 Maret 2020, berikut linknya...

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Surat panggilan dari PT Pertamina untuk daerah DIY dan Surakarta adalah tidak benar. PT Pertamina selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi dan juga website recruitment.pertamina.com.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.