Sukses

Cek Fakta: Pernyataan Maruarar Sirait Sebut Orang yang Tak Pilih Jokowi Bodoh Sudah Dimanipulasi

Faktanya, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan ucapan Maruarar Sirait yang mengatakan pihak yang tidak menginginkan Jokowi sebagai orang bodoh dan gila.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah unggahan yang ramai dibicarakan di Facebook. Unggahan itu menyeret nama Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait.

Unggahan yang menyeret nama Maruarar Sirait itu ada di Facebook Marcel Dony. Pemilik akun Facebook itu mengunggah tangkapan layar seorang-olah Maruarar Sirait mengatakan sesuatu untk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Berikut narasi yang ada di tangkapan layar milik Marcel Dony:

"Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat. Hanya Orang Bodoh Dan Gila,Yang Tak Mau Pak Jokowi,Jadi Presiden RI".

Lalu, benarkah Maruarar Sirait mengatakan demikian?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut. Pertama, tim memasukkan foto Jokowi unggahan Marcel Dony ke mesin pencari, Google Image. Hasilnya, memang ada banyak foto seperti itu.

 

Kemudian, tim menelusurinya, masih dengan Google, dengan kata kunci: 'Maruarar Sirait Jokowi'. Hasilnya, diketahui kalau artikel itu milik hops.id yang dipublikasikan pada 22 Agustus 2020.

Namun, judul dalam artikel di hops.id hanya: 'Tak mempan diserang sana-sini, Maruarar: Kekuatan Jokowi itu rakyat'. Tim Cek Fakta Liputan6.com juga tidak menemukan kata-kata yang keluar dari Maruarar Sirait tentang: 'Hanya Orang Bodoh Dan Gila,Yang Tak Mau Pak Jokowi,Jadi Presiden RI'.

Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai respons dari Maruarar Sirait terkait deklarasi Koalisis Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI pada 17 Agustus lalu. Marurarar memastikan, kehadiran kelompok KAMI merupakan hal yang biasa di negara demokrasi.

"Santai saja. Kan kekuatan Jokowi itu ada di rakyat, bukan di elite," ujar Ara, sapaan Maruarar.

"Terbukti, Jokowi menang dua kali di Solo, kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta dan menjadi Presiden dua kali. Artinya, Jokowi sangat dipercaya rakyat. Jokowi sendiri lahir dari rahim rakyat," tambahnya.

Isi artikel serupa juga dimuat sindonews.com, tapi dengan judul yang berbeda. Untuk berita seperti ini, sindonews.com menggunakan judul: 'Maruarar Sirait: Kekuatan Jokowi Itu Rakyat dan Bukan Elite', yang dipublikasikan pada 22 Agustus 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar yang diunggah Marcel Dony tentang perkataan Maruarar Sirait soal Jokowi adalah false. Faktanya, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan ucapan Maruarar Sirait yang mengatakan pihak yang tidak menginginkan Jokowi sebagai orang bodoh dan gila.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.