Sukses

Cek Fakta: Viral Foto Lukisan Menggambarkan Kehidupan Dunia pada 2022, Benarkah?

Foto lukisan yang diklaim berisi kehidupan dunia pada 2022. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto lukisan yang diklaim berisi kehidupan dunia pada 2022 beredar di media sosial. Foto lukisan ini disebarkan oleh akun Facebook DARK ICE pada 5 Agustus 2020 lalu.

Dalam foto lukisan tersebut, tampak sejumlah orang tengah berjalan dengan sebuah kendaraan aneh. Terdapat juga sebuah narasi dalam foto tersebut. Berikut isinya:

Sebuah lukisan karya Walter Molino pada tahun 1962 yang berjudul "La Vida en 2022" atau "Kehidupan di tahun 2022" mendadak jadi perhatian publik. Lukisan ini digadang-gadang akan memprediksikan masa depan dunia di tahun 2022 mendatang.

"Walter Molino adalah seorang seniman komik dan ilustrator Italia yang lahir pada 5 November 1915, di Reggio Emilia, Italia. Dan meninggal pada 8 Desember 1997, di Milan, Italia. Salah satu karyanya yang terbit pada tahun 1962 berjudul "La Vida en 2022" atau "Kehidupan di tahun 2022" belakangan menjadi perhatian khusus warganet.

Dalam lukisan yang menceritakan kehidupan di tahun 2022 itu memperlihatkan orang-orang berjalan menggunakan sebuah mesin yang ditutupi oleh pelindung kaca. Seolah-olah manusia pada tahun itu tidak boleh menghirup udara luar dengan bebas tanpa sebuah pelindung, seperti yang kita alami saat pandemi ini.

Hal ini kemudian memunculkan beragam respon kecemasan akan masa depan di kalangan warganet. Mereka takut bahwa lukisan tersebut akan menjadi kenyataan mengingat kondisi saat ini yang tak kunjung membaik.

.Bagaimana menurut kalian?

Aku harap kalian tetap menikmati informasi yang selalu DARK ICE sajikan. Karena kita tidak tahu, akan ada kejadian apa kedepannya.

.Follow beberapa cabang kami:

Instagram: https://instagram.com/darkice_id?igshid=45cl4ez2nmrq

Wattpad: https://my.w.tt/tggRgMi4y7

.-Ice Prince," tulis akun Facebook DARK ICE.

Konten yang disebarkan akun Facebook DARK ICE telah 389 kali dibagikan dan mendapat 275 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto lukisan yang diklaim berisi kehidupan dunia pada 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto lukisan tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Did Italian magazine in 1962 show social distancing followed today amid Coronavirus outbreak?" yang dimuat situs facthunt.in pada 23 Agustus 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs facthunt.in

Dalam artikel di situs facthunt.in dijelaskan bahwa gambar tersebut muncul di sampul belakang surat kabar mingguan Italia, La Domenica del Corriere pada edisi 16 Desember 1962. Gambar itu diberi judul "Will we go around cities like this? Here’s how the problem of traffic in cities could be lightened, if not completely solved: tiny single-seater cars that occupy a small area…"

Seorang kartunis bernama Walter Molino tidak menyebut secara spesifik gambar karyanya itu merupakan ilustrasi kedihupan manusia pada tahun 2022. Keterangan dalam gambar tersebut menunjukkan bagaimana masalah lalu lintas di kota bisa diringankan dengan menggunakan mobil kecil satu tempat duduk.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto lukisan yang diklaim berisi kehidupan dunia pada 2022 ternyata tidak tepat. Gambar viral yang diterbitkan pada tahun 1962 tidak menunjukkan seperti apa dunia pada tahun 2022 tetapi diterbitkan untuk menunjukkan bagaimana masalah lalu lintas di kota-kota dapat diringankan di masa depan dengan menggunakan mobil kecil satu tempat duduk.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.