Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Prabowo Subianto Peringatkan Gatot Nurmantyo Jangan Bikin Kisruh Indonesia

Beredar kabar hoaks, Prabowo memperingatkan Gatot Nurmanyo jangan bikin kisruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperingatkan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo agar tidak membuat kisruh di Indonesia beredar di media sosial.

Klaim ini disebarkan akun Facebook Sandro Novan pada 20 Agustus 2020. Akun Facebook Sandro Novan mengunggah gambar Prabowo dan Gatot.

Dalam gambar itu terdapat narasi "MENHAM Prabowo Subianto peringatkan Gatot Nurmantyo jangan bikin kisruh di Indonesia".

"Oh gitu ya pak," tulis akun Facebook Sandro Novan.

Konten yang diunggah akun Facebook Sandro Novan telah 6 kali dibagikan dan dan mendapat 185 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperingatkan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo agar tidak membuat kisruh di Indonesia. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Prabowo peringatkan Gatot Nurmantyo".

Namun tidak ada artikel yang memuat kabar tentang Prabowo yang memperingatkan Gatot. Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya foto serupa mengarah ke artikel berjudul "Heboh Kehadiran Gatot Nurmantyo di Pidato Kebangsaan Prabowo" yang dimuat situs kumparan.com pada 12 April 2019. Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kumparan.com

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto membacakan pidato kebangsaannya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4). Mengawali pidatonya, Prabowo memperkenalkan tokoh-tokoh VIP yang hadir dalam acara tersebut.

Di antara beberapa tokoh yang disebut Prabowo, ada beberapa nama yang ketika disebutkan namanya, pendukung bersorak keras. Salah satunya ketika nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tiba-tiba disebut Prabowo.

Gatot selama ini enggan menyebut pilihannya di Pilpres 2019. Namun sore ini dia bikin heboh dengan hadir di pidato kebangsaan Prabowo dengan mengenakan baju koko putih lengkap dengan peci hitamnya. Ketika Gatot datang, penonton begitu riuh.

"Jenderal Gatot Nurmantyo," kata Prabowo yang disambut meriah pendukung.

Setelah bersalaman dengan Prabowo, Gatot langsung duduk di sebelah Sudirman Said. Selain Gatot, sejumlah tokoh antara lain yang menyita perhatian adalah Rocky Gerung dan Dahlan Iskan.

Pidato itu dihadiri tokoh-tokoh politik, ekonomi, dan pakar lain pendukung Prabowo-Sandi. Saat ini Prabowo masih membacakan pidato ketika pidato dibacakan.

Setelah berpidato, Prabowo duduk di sebelah Gatot. Tak lama kemudian, giliran Gatot yang berpidato.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperingatkan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo agar tidak membuat kisruh di Indonesia ternyata tidak benar. Prabowo tidak pernah menyampaikan pernyataan tersebut ke publik.

Foto yang digunakan dalam klaim tersebut merupakan hasil suntingan dan ditambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini