Sukses

Cek Fakta: Foto Rizieq Shihab Tiru Pose Patung Christ the Redeemer di Brasil Sudah Dimanipulasi

Teuku Irwan Irwan‎ menggambarkan Rizieq Shihab meniru patung populer yang ada di Rio de Janeiro, Brasil, yakni Christ the Redeemer.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan bantuan Crowd Tangle, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang diposting oleh Teuku Irwan Irwan‎ ke grup Facebook, Manusia Merdeka. Dalam foto unggahannya ada sosok Rizieq Shihab Shihab.

Dalam fotonya, Teuku Irwan Irwan‎ menggambarkan Rizieq Shihab Shihab meniru patung populer yang ada di Rio de Janeiro, Brasil, yakni Christ the Redeemer.

 

Foto tersebut mendapat banyak respons dari warga Facebook. Tercatat, ada 47 respons dan 126 komentar.

Bahkan, foto tersebut juga sempat dibagikan ulang oleh warga Facebook lainnya, Rian Maulana.

Lalu, benarkah Rizieq Shihab meniru patung yang populer di Rio de Janeiro, Brasil itu?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukan foto unggahan Teku Irwan Irwan ke mesin pencari, Yandex.

 

Hasilnya, tim mengetahui foto tersebut sudah dimanipulasi. Tim juga menemukan artikel yang dipublikasikan oleh Tribun Jateng pada 7 Februari 2018.

Dalam artikel berjudul: 'Tersangka Rizieq Shihab Tidak Penuhi Panggilan Polda Jabar untuk Diperiksa, Alasannya...', foto itu menggambarkan ekspresi Habib Rizieq saat menyapa ribuan anggota FPI usai menjalani pemriksaan di Polda Jawa Barat.

 

Tribun Jateng memberikan caption untuk foto Habib Rizieq itu dengan narasi sebagai berikut:

"Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq menyapa ribuan anggota FPI diiringi salawat seusai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (12/1/2017)".

Sementara itu, foto patung Christ the Redeemer juga bisa ditemukan di situs pencari Yandex. Selain itu, foto patung ini juga bisa dilihat melalui situs albomadventures.com dengan judul artikel: "How to Visit Christ the Redeemer in Rio de Janeiro".

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menggambarkan Rizieq Shihab meniru patung populer di Brasil adalah salah. Faktanya, pose Rizieq Shihab yang ada di foto itu saat dirinya menyapa anggota FPI usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini