Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Wanita yang Sedang Divaksin adalah Putri Presiden Rusia Vladimir Putin

Beredar postingan foto dan video di media sosial foto putri Presiden Rusia, Vladimir Putin sedang divaksin. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar postingan foto dan video di media sosial foto putri Presiden Rusia, Vladimir Putin sedang divaksin. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Salah satunya adalah akun Egon Ronk. Dia mempostingnya di Facebook pada Kamis (13/8/2020).

Postingan tersebut mendapat sembilan komentar dan tiga kali dibagikan. Dalam postingan tersebut terdapat narasi:

"Putri Presiden Rusia Vladimir Putin. Orang pertama yg sdh di vaksin oleh vaksin yang ditemukan oleh kedokteran Rusia. Bukan vaksin Cina, dan ini keteladanan pemimpin negara berani ambil resiko Putrinya di vaksin terlebih dahulu hasil temuan ilmuwan kedokteran Rusia. Sebelum di vaksinkan ke rakyatnya."

Di postingan tersebut akun Egin Ronk menambah kalimat "Contoh PEMIMPIN". Lalu benarkah foto tersebut merupakan putri Presiden Rusia, Vladimir Putin?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetik kata kunci "vladimir putin daughter vaccinated" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada artikel dari website pemeriksa fakta India, The Logicalindian.com berjudul "Video Of Volunteer For Human Trial Falsely Shared As Putin's Daughter Getting Coronavirus Vaccine Shot" yang tayang 11 Agustus 2020.

Dalam artikel tersebut mereka memasukkan foto yang viral ke mesin pencarian Yandex. Hasilnya foto tersebut mengarah pada sebuah video di Youtube yang tayang 26 Juni 2020.

Cek Fakta Putri Presiden Rusia Vladimir Putin

Di caption video tersebut menunjukkan nama orang yang sedang disuntik adalah Natalya. Dia adalah salah satu sukarelawan yang ikut dalam tes calon vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute, Rusia.

Selain itu ada artikel lain dari The Quint.com berjudul "No, That’s Not Putin’s Daughter Being Vaccinated for COVID-19" yang tayang 12 Agustus 2020.

Dalam artikel itu The Quint menemukan foto itu pernah diunggah oleh Media Pemerintah Rusia, RT pada 20 Juli 2020 berjudul "Covid-19 vaccine created by Russian military is closer to approval after last volunteers discharged from hospital (VIDEO) "

Dalam artikel itu sama sekali tidak disebutkan bahwa orang yang sedang disuntik adalah putri Vladimir Putin. Artikel lengkapnya Anda bisa lihat di sini...

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Postingan foto yang diklaim putri Presiden Rusia, Vladimir Putin sedang divaksin adalah salah.

Memang benar Putin menjelaskan bahwa salah satu putrinya menjadi relawan untuk vaksin covid-19 dari Rusia Sputnik-V, namun fotonya bukan seperti yang beredar di media sosial belakangan ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.