Sukses

6 Hoaks Terbaru yang Menyerang Presiden Jokowi

Cek Fakta Liputan6.com berhasil menelusuri informasi hoaks terbaru yang menyerang Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu sasaran penyerangan informasi hoaks, kabar tidak benar tersebut tersebar di media sosial dan aplikasi percakapan dengan berbagai berbentuk. Baik tulisan, video hingga foto beredar di dunia maya.  

Cek Fakta Liputan6.com pun telah berhasil menelusuri informasi terkait presiden Jokowi dengan hasil penelusuran hoaks.

Berikut enam hoaks terbaru yang menyerang Presiden Jokowi yang berhasil ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com:  

1. Kata Jokowi jika Diterjemahkan ke Dalam Bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu tidak benar. Hasil terjamahan kata Jokowi ke dalam bahasa China adalah Qiáo kē wéi.

2. Jokowi Mundur Secara Terhormat Hari Ini

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang Presiden Jokowi mundur dari jabatannya hari ini ternyata tidak benar alias hoaks. Jokowi masih menjalankan tugasnya sebagai Presiden sejak dilantik untuk periode keduanya pada 20 Oktober 2019 lalu.

3. Klaim Foto Jokowi Berbicara dengan Orang-Orangan Sawah

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah tidak benar, foto tersebut mengalami editan  dari dua foto yang berbeda.

Foto yang sebenarnya adalah Presiden Jokowi menemui sejumlah petani dan berbincang-bincang tentang hasil panen saat dalam perjalanan dari Bendungan Jatigede menuju Kota Sumedang, Jawa Barat.

4. Pidato Lengkap Jokowi Dimanipulasi

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, tangkapan layar yang diunggah akun Reto dan Anto Taliank sudah dimanipulasi. Aslinya, artikel itu milik Kompas.com dengan judul: 'Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit'.

5.  Jokowi Barter Vaksin Corona dengan Lahan untuk Perusahaan China

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang Presiden Jokowi melakukan barter vaksin corona Covid-19 dengan lahan untuk perusahaan China ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada pembahasan mengenai barter lahan untuk China dalam kerjasama pengembangan vaksin Covid-19.

Kerjasama pengembangan vaksin Covid-19 tak hanya dilakukan kepada China saja. Ada juga negara lain yang turut digandeng RI untuk pengembangan vaksin, satu di antaranya Korea Selatan.  

6. Jokowi Datangi Polresta Bogor Mengurus SIM Sendiri

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Jokowi memang mengurus perpanjangan SIM sendiri. Namun, tidak mendatangi Polresta Bogor , dia melakukan perpanjangan SIM dengan memanfaatkan layanan SIM Keliling Satlantas Polresta Bogor di Istana Kepresidenan Bogor, Jl Ir Juanda Kota Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini