Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Jokowi jika Diterjemahkan ke Dalam Bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu

Cek Fakta menelusuri klaim kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya adalah Thu Khang Thi Phu.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Al Istighol, pada 11 Agustus 2020. Unggahan tersebut berupa tangkapan layar Google Translate yang menerjemahkan kata Jokowi ke dalam bahasa China.

Dalam kolom terjemahan terlihat huruf China dan di bawahnya terdapat tulisan dalam huruf alfabet Thu Khang Thi Phu.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Coba lu buka Google Translate, apabila bisa Kayak punya Gue, maka HP Lu Canggih...🤣🤣🤣🤣😜😜😜😜😜🤣🤣🤣🤣"

 Benarkah kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu, dengan menerjemahkan langsung kata Jokowi kedalam bahasa China menggunakan Google Translate.

Terjemahan kata Jokowi dalam bahasa China

 

Hasil terjamahan kata Jokowi ke dalam bahasa China adalah Qiáo kē wéi.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'nama mandarin Jokowi'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Inilah Nama Mandarin Jokowi yang Benar" yang dimuat situs kompasiana.com, pada 12 Mei 2020.

Artikel tersebut menyebutkan, nama yang diberikan media-media berbahasa Mandarin bagi Gubernur Jakarta saat ini adalah Zuoke Wei (佐科威, pinyin: Zuǒ kē wēi).

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim kata Jokowi jika diterjemahkan ke dalam bahasa China artinya Thu Khang Thi Phu tidak benar. Hasil terjamahan kata Jokowi ke dalam bahasa China adalah Qiáo kē wéi.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini