Sukses

Cek Fakta: Hoaks Jokowi Mundur Secara Terhormat Hari Ini

Beredar kabar hoaks Jokowi mundur dari jabatannya sebagai presiden pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Presiden Jokowi mundur dari jabatannya hari ini beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Skema pholitik pada 6 Agustus 2020 lalu.

Akun Facebook Skema pholitik mengunggah video berisi narasi sebagai berikut:

"JOKOWI MUNDUR SECARA TERHORMAT

DUNIA KEMBALI DIKEJUTKAN, PERNYATAAN TERBUKA BERSAMA MANTAN STAF AHLI PANGLIMA, AKHIRNYA JOKOWI HARUS MUNDUR".

Akun Facebook Skema pholitik kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"BERITA TERBARU HARI INI !!BIKIN DUNIA TERKEJUT _AKHIRNYAJOKOW1 MUNDUR SECARA TERHORMAT..," tulis akun Facebook Skema pholitik.

Konten tentang Jokowi mundur dari jabatan Presiden yang disebarkan akun Facebook Skema pholitik telah 4.300 kali dibagikan dan mendapat 4 ribu komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Presiden Jokowi mundur dari jabatannya hari ini. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Jokowi mundur".

Hasilnya tidak ada artikel dari media arus utama yang menulis kabar tentang Jokowi mundur dari presiden pada hari ini.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dijadwalkan mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 melalui video conference di Istana Negara, Jakarta pada 12 Agustus 2020 sekira pukul 15.00 WIB.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Jokowi mundur dari jabatannya hari ini ternyata tidak benar alias hoaks. Jokowi masih menjalankan tugasnya sebagai Presiden sejak dilantik untuk periode keduanya pada 20 Oktober 2019 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini