Sukses

Cek Fakta: Pidato Lengkap Jokowi Ini Ternyata Sudah Dimanipulasi

Warga Facebook sedang membicarakan tentang tangkapan layar sebuah berita soal pidato lengkap Presiden Republik Indonesia, Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Facebook sedang membicarakan tentang tangkapan layar sebuah berita soal pidato lengkap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun yang mengunggah tangkapan layar tersebut, yakni milik Reto dan Anto Taliank.

Berikut narasi yang ada dalam tangkapan layar di unggahan Reto dan Anto Taliank:

"Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berutang, Hanya melakukan Pinjaman Luar Negeri

Paham pak..!! (dengan emoticon tertawa terbahak-bahak)"

Benarkah isi pidato lengkap Jokowi seperti itu? Simak penelusuran faktanya di halaman berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri tangkapan layar yang diunggah Reto dan Anto Taliank ke mesin pencari, Google Image. Hasilnya, tim menemukan satu foto yang sangat mirip.

 

Tim pun langsung membuka foto yang sama dalam pencarian Google Image. Dari hasil penelusuran sangat mengejutkan. Sebab, tangkapan layar yang diposting Reto dan Anto Taliank sudah dimanipulasi.

Judul artikel aslinya adalah: 'Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit'. Artikel itu milik Kompas.com yang mereka publikasikan pada 31 Maret 2020.

 

Dalam artikel tersebut berisi kebijakan Presiden Jokowi bagi masyarakat yang terdampak wabah, khususnya kelas ekonomi menengah ke bawah. Kebijakan yang dimaksud mulai dari penambahan jumlah penerima program kesejahteraan, meringankan pembayaran kredit, hingga menggratiskan tarif listrik.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar yang diunggah akun Reto dan Anto Taliank sudah dimanipulasi. Aslinya, artikel itu milik Kompas.com dengan judul: 'Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit'.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.