Cek Fakta: Hoaks Ketik Kata Gratula untuk Verifikasi Keamanan Akun Facebook

Oleh Adyaksa Vidi pada 07 Agu 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2020, 12:00 WIB
Cek fakta Facebook 1
Perbesar
Cek fakta Facebook 1

Liputan6.com, Jakarta - Beredar klaim yang menyebut Facebook mengeluarkan kebijakan keamanan baru terkait keamanan akun. Klaim ini banyak diunggah sejak dua tahun lalu namun viral lagi belakangan ini.

Salah satu yang mengunggahnya adalah Woojet Shiro Fans. Dia mengunggahnya pada 9 Juli 2018. Postingan ini telah mendapat 592 komentar dan tiga kali dibagikan.

Berikut isi postingannya: "Jika komen gratula, tulisan tidak berwarna merah maknya facebook anda pernah kena hack sebelum ini. Cuba komen gratula."

Lalu benarkah Facebook mengeluarkan kebijakan baru untuk mengetahui keamanan akun kita?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta:

Ilustrasi Cek Fakta
Perbesar
Ilustrasi Cek Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengetik kata kunci "gratula Facebook" di mesin pencarian Google. Hasilnya, AFP Fact Check pernah menulis artikel terkait dengan judul "Commenting with the word ‘gratula’ on Facebook does not verify that your account is ‘safe’, company says."

Dilansir AFP Fact Check, Juru Bicara Facebook melalui email menyatakan, "Beberapa kata di Facebook dianimasikan atau diberi kode warna di News Feed. Memposting kata tertentu ke Facebook tidak mengamankan akun Anda."

"Kami menawarkan sejumlah fitur keamanan seperti peringatan saat login dan otentifikasi dua faktor untuk membantu menambahkan lapisan perlindungan tambahan ke akun. Gratula juga bukan kata baru, itu artinya 'selamat' dalam bahasa Hungaria."

Facebook sendiri punya kebijakan terkait fitur keamanan akun seperti di link berikut ini...

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

HOAX
Perbesar
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Klaim yang menyebut mengetik kata Gratula di kolom komen untuk mengetahui keamanan akun kita adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓