6 Informasi Menyesatkan Bikin Heboh dalam Seminggu, Salah Satunya Jenazah Covid-19 Berdaster

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 01 Agu 2020, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2020, 07:00 WIB
Pegiat Cek Fakta Liputan6.com
Perbesar
Pegiat Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi salah yang beredar di media sosial semakin banyak saja. Bahkan, yang masih banyak beredar di media sosial hingga saat ini adalah pasien covid-19 yang dimakamkan dengan daster.

Berikut ini ada enam informasi yang menyesatkan selama seminggu terakhir:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan Masih Berdaster Tak Sesuai Syariat Islam

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim jenazah pasien virus corona baru (Covid) dimakamkan masih menggunakan daster tidak sesuai syariat Islam.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Muhammad Tadar, pada 28 Juli 20202. Akun Facebook Muhammad Tadar membagikan foto peti jenazah yang ada di liang kubur di dalamnya terdapat jenazah yang sudah dikafankan namu terlihat masih mengenakan daster.

Klaim jenazah pasien Covid-19 dimakamkan masih menggunakan daster tidak sesuai syariat Islam tidak benar. MUI telah mengeluarkan fatwa terkait pedoman pengurusan jenazah terinfeksi Covid-19Baca selengkapnya di sini.

 

2 dari 7 halaman

Bocah Minta Tolong Putin

Foto Hoax
Perbesar
(Facebook/Yanne Ratih)

2. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Bocah Minta Vladimir Putin Kirim Rudal ke Gedung DPR

Salah satu pengguna Facebook yang menggunakan akun Yanne Ratih mengunggah sebuah foto anak kecil meminta Presiden Rusia, Vladimir Putin mengirim rudal ke Gedung DPR. Unggahan itu dikirimnya ke Grup Aline Yoana Tan Fans pada Selasa (28/7/2020).

Foto yang menyebut bocah minta Vladimir Putin kirim ke rudal ke Gedung DPR adalah hoaks. Faktanya, bocah dalam foto itu minta uang ke Presiden Jokowi untuk berobat ke dokter karena kabut asap yang menimpa Riau, lima tahun lalu.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 7 halaman

Jokowi 3 Periode

Jokowi Buka Raker Kementerian Perdagangan 2020
Perbesar
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jokowi Siap Memimpin Tiga Periode

Klaim tentang Jokowi siap memimpin tiga periode beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Afrizal pada 29 Juli 2020.

Akun Facebook Afrizal mengunggah foto Jokowi. Dalam foto itu, Jokowi tampak mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat.

Klaim tentang Jokowi siap memimpin tiga periode ternyata tidak benar. Foto yang digunakan sebagai klaim tidak ada kaitannya dengan periode ketiga kepemimpinan Jokowi sebagai presiden.

Foto tersebut diambil usai Jokowi dan JK memberikan pidato kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara setelah dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2014 lalu.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 7 halaman

Pidato Ngawur Wakil Presiden

Cek Fakta Ma'ruf Amin
Perbesar
Cek Fakta foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin (istimewa)

4. Cek Fakta: Hoaks Foto Ma'ruf Amin dengan Narasi Ngawur

Beredar viral di media sosial Facebook dan Twitter foto Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin. Foto tersebut banyak dibagikan oleh pengguna media sosial pada tengah pekan ini.

Salah satunya adalah akun @carbonoxyde di Twitter. Unggahan foto Ma'ruf Amin itu sudah mendapat 9.500 likes dan di-retweet 3.500 kali.

Foto Wapres Ma'ruf Amin dengan narasi "5 tahun nggak ngapa-ngapain" adalah hoaks. Foto tersebut hasil suntingan dari video Youtube akun Sobat Miskin Official dengan judul "2 jam nggak ngapa-ngapain."

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 7 halaman

Lada Hitam Obat Corona

Cek Fakta lada
Perbesar
Cek Fakta lada hitam bisa menyembuhkan virus corona covid-19

5. Cek Fakta: Tidak Benar Lada Hitam Bisa Sembuhkan Pasien Virus Corona Covid-19

Beredar kembali di media sosial cara untuk menyembuhkan virus corona covid-19. Kali ini tersebar melalui banyak pengguna akun Twitter dan Facebook di India.

Klaim yang menyebut pelajar di India menemukan obat penyembuh virus corona covid-19 hanya dari lada hitam adalah hoaks.

Baca selengkapnya di sini.

 

6 dari 7 halaman

Kaesang Pamer Makan Babi

Tangkapan Layar Informasi Salah
Perbesar
Tangkapan layar dari pemilik akun Zack Loggiss‎ mengenai informasi salah tentang anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Facebook: Zack Loggiss‎)

6. Cek Fakta: Anak Presiden Jokowi Bukan Pamer Makan Daging Babi, tapi...

Akun Facebook dengan nama Zack Loggiss mengunggah sebuah tangkapan layar yang menyebut anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep pamer makan daging babi. Unggahan itu dia buat pada Rabu (29/7/2020).

Informasi yang menyebut anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep pamer makan babi adalah salah. Fakta yang benar adalah, Kaesang tidak sengaja makan daging babi saat pertama kali berada di Singapura.

Baca selengkapnya di sini.

7 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓