Cek Fakta: Tidak Benar Presiden Jokowi Adalah Anak Komandan PKI di Foto Ini

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 31 Jul 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 07:26 WIB
Jokowi Buka Raker Kementerian Perdagangan 2020
Perbesar
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kembali mendapat serangan dari warganet. Kali ini, ada akun Facebook atas nama Ko Hong Guan, yang mengklaim dirinya sudah mengetahui bapas asli dari Jokowi.

Di akun Facebook miliknya, dia membagikan potret hitam-putih sosok pria berbaju militer yang tengah tersenyum dan disebut sebagai ayah kandung Jokowi. Walaupun potretnya hitam-putih, terdapat pula logo palu-arit berwarna merah di kerah sebelah kanan.

Mengutip dari Antara, potret itu dibubuhi tulisan "Komandan Underbow Pki 1965" serta "Dokumen Negara Rahasia". Sedangkan pada pojok kanan foto pria itu terdapat tulisan "Widjiatno".

 

Foto Klaim Salah
Perbesar
Informasi yang salah mengenai bapak dari Presiden Jokowi. (Facebook/ Ko Hong Guan)

Pemilik akun Facebook tersebut, dalam unggahannya, menambahkan narasi sosok dalam foto itu merupakan ayah asli Jokowi.

Berikut sepenggal narasi pada unggahan di Facebook itu:

"Akhirnya Bocor juga. A.1 Bpk-nya Jokowi yg asli. Mirip Banget..!!!".

Namun, benarkah pria yang dalam potret itu adalah Komandan PKI dan ayah Jokowi?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com berdasarkan dari hasil penelusuran Antara menunjukkan sosok pria dalam foto hitam putih yang diunggah di Facebook itu bukanlah ayah dari Presiden Joko Widodo, Wijiatno Notomiharjo.

Pria berpakaian seragam militer itu merupakan Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen, sebagaimana diterangkan dalam deskripsi koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin.

Jenderal Wang Zhen, jika mengacu pada data di situs Wikipedia, adalah politisi negeri Tirai Bambu dan mempunyai kedekatan hubungan dengan Presiden China Li Xiannian.

Pria yang lahir pada 1908 dan wafat pada 1993 di Guangzhou itu juga menjadi salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis China.

Potret Wang Zhen yang diunggah di Facebook juga telah melalui proses penyuntingan. Dalam unggahan di Facebook, Wang Zhen terlihat seakan menggunakan emblem berlambang palu-arit di kerah bajunya. Sementara pada koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin, kerah baju Wang Zhen tampak polos.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Dengan demikian diketahui narasi serta foto yang dimuat pengguna Facebook itu merupakan hasil rekayasa atau informasi hoaks. (Ant)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓