Kumpulan Kabar Hoaks yang Pernah Menerpa Keluarga Raffi Ahmad - Nagita Slavina

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 31 Jul 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 11:30 WIB
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Instagram @raffinagita1717)
Perbesar
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad merupakan seorang pembawa acara, pemeran, produser, pengusaha, dan penyanyi terkenal di Indonesia. Dia juga punya istri cantik yang dinikahinya pada 17 Oktober 2014, Nagita Slavina.

Pria berusia 33 tahun tersebut juga terkenal sebagai YouTuber. Jumlah subscribers Raffi Ahmad di channel Rans Entertainmet sudah mencapai 16,8 juta.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sudah dikaruniai satu orang putra bernama Rafathar Malik Ahmad. Anak yang lahir pada 15 Agustus 2015 itu sudah pernah main film dengan judul: 'Rafathar: The Movie' saat usianya masih 2 tahun.

Nagita dan Raffi tak hanya aktif di dunia entertainment, akhir-akhir ini dia mulai melebarkan sayapnya ke dunia bisnis. Dia melakoni bisnis seperti makanan, minuman, clothing line, bodyspray, masker, furniture, dan lain-lain.

Sebagai orang terkenal di Indonesia, pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sering diterpa isu tidak sedap atau berita hoaks. Berikut ini ada empat kabar hoaks yang pernah menyerang mereka.

2 dari 6 halaman

Hoaks Giveaway

[Fimela] Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Perbesar
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

Juni 2020, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bertemu dengan netizen bernama Anton Nugrono. Anton merupakan orang yang menyebarkan hoaks kalau Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memberikan giveaway palsu dengan total Rp 1 miliar.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga sudah melaporka Anton kepada pihak berwajib. Bahkan, saat bertemu, Anton meminta maaf sambil bersujud di kaki Raffi Ahmad.

"Iya saya sudah maafin. BAP (berita acara perkara) dulu, karena kita sudah bikin laporan polisi," kata Raffi, seperti dikutip dari tayangan Rans Entertainment, yang tayang pada 6 Juni 2020.

Sebelumnya, Anton Nugroho membuat video yang menyebarkan fitnah bahwa konten giveaway yang dibuat para artis adalah kebohongan. Ia menyebut nama Raffi Ahmad, Nagita Slavina, hingga Baim Wong.

"Mentang-mentang kaya, kalian menyombongkannya. Terus membodohi kita yang enggak tahu apa-apa, disuruh subscribe, nonton video kalian dan dikasih Rp 1 miliar. anji**, tol**, satu miliar!" ujar Anton dalam video yang diunggah ke YouTube.

 

3 dari 6 halaman

Hoaks Video Syur Nagita Slavina

6 Transformasi Nagita Slavina Sebelum Vs Sesudah Diet Ketat, Makin Langsing
Perbesar
(sumber: Instagram.com/raffinagita1717)

Di 30 Oktober 2019, Nagita Slavina diterpa isu tidak sedap soal video syur yang mirip dengannya beredar di internet. Menanggapi berita itu, Nagita Slavina hanya tertawa.

"Aku sebenarnya kemarin ditelepon di perjalanan lagi di yang kamu (Raffi Ahmad) lagi turun di Pertamina SPBU. Terus aku ditelepon Nisya, 'Mbak Gigi enggak tahu apa yang lagi heboh? Itu lagi heboh ada berita video-video'," ujar Nagita Slavina melalui video YouTube yang diunggah pada 31 Oktober 2019.

"Aku ketawa-ketawa, Nisya kasih tahunya juga ketawa-ketawa. Dia sudah lihat terus ya memang enggak mirip dan kebetulan katanya videonya itu cuma segini doang (setengah muka)," ucap Nagita Slavina.

 

4 dari 6 halaman

Korban Hoaks Media Turki

[Fimela] Nagita Slavina dan Raffi Ahmad
Perbesar
Bukan hanya itu, Gigi juga bercerita tentang tingkah laki-laki itu seperti memeriksa ponsel yang menimbulkan pertikaian, bahkan juga mengancam untuk bunuh diri. (Instagram/raffinagita1717)

Saat sedang berlibur di Turki, Raffi Ahmad kehilangan kopernya pada 12 Februari 2020. Dia menceritakan pengalaman pahitnya itu dalam unggahan Instagram Story, @raffinagita1717.

"Jadi guys kita udah nyampe di Turki, bandara. Tapi satu koper kita nggak tau kita check nggak ada. Kita lagi ke lost and found, nggak tau ketinggalan atau ilang." ujar Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kemudian mengurus koper hilang ke polisi setempat.

Kabar tersebut merebak sampai ke media di Turki. Namun pasangan artis ini justru jadi korban hoaks. Raffi dan Nagita Slavina diberitakan sudah mendapatkan kembali kopernya yang hilang.

Raffi pun membantah kabar tersebut melalui aku Instagram pribadinya. "HOAXXX !!! Bahwa TIDAK BENAR Berita di Media Turki yang menyatakan bahwa koper kita sudah berhasil ditemukan itu TIDAK BENAR !!! sekarang koper kita belum ditemukan @turkishairlines dan kami masih menunggu kabar selanjutnya dari pihak terkait," ungkap Raffi Ahmad di Instagram.

 

5 dari 6 halaman

Hoaks Cium Ayu Ting Ting

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)
Perbesar
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto: Rio Motret dari Instagram @raffinagita1717)

Pada 2016, Raffi Ahmad diterpa hoaks soal liburan bareng Ayu Ting Ting dengan pesawat yang sama ke Belanda. Berita ini sempat diberitakan dreamers.id pada Juli 2016 dengan judul: 'Anaknya Dirumorkan Cium Ayu Ting Ting di Pesawat, Ini Penjelasan Ibu Raffi Ahmad'.

Dalam artikel tersebut disebutkan juga kalau ada hoaks Raffi Ahmad sudah mencium Ayu Ting Ting di pesawat. Namun, kabar tersebut dibantah oleh ibu Raffi Ahmad, Amy Qanita.

"Saya nggak mungkin diam aja. Saya jadi banyak nanya ke Raffi dengan adanya kabar ini. Saya sering ngobrol sama Gigi, Raffi, Mama Rita. Sekarang kan medsos kejam. Sekarang zamannya seneng bully-bully," tuturnya.

"Raffi bilang nggak (liburan sama Ayu). Dari tiket juga bisa dilihat ya nama Raffi dibalik jadi Ahmad/Raffi Farid. Sementara Ayu nggak. Harusnya Rosmalina/Ayu. Kalau di boarding ticket kan nama belakang selalu di depan," tegasnya.

6 dari 6 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓