Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kantor Antam Terdapat 68 kasus Positif Covid-19

Penelusuran klaim Kantor Antam terdapat 68 kasus positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapat klaim Kantor Pusat PT Aneka Tambang (Antam) terdapat 68 kasus positif virus corona baru (Covid-19) terbanyak di antara 59 perkantoran.

Klaim tersebut merupakan analisis data cluster perkantoran di DKI Jakarta yang beredar secara berantai melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

Data tersebut menyebutkan, sebelum 4 Juni 2020 atau masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jumlah positif Covid-19 di perkantoran mencapai 43 orang, setelah 4 Juni sampai saat ini jumlah positif meningkat menjadi 332 orang, sehingga total cluster perkantoran 375 orang di 59 kantor.

Data tersebut menunjukan dari 59 perkantoran di Jakarta yang ditemukan kasus positif Covid-19, Kantor Antam ditemukan 68 kasus, jumlah tersebut tertinggi di antara perkantoran lain.

Benarkah Kantor Antam terdapat 68 kasus positif Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Kantor Antam terdapat 68 kasus positif Covid-19 menggunakan Google Search dengan kata kunci 'kantor Antam 68 kasus Covid-19'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kabar 68 Kasus Positif Corona di Kantor Pusat Antam Hoaks" yang dimuat situs liputan6.com, pada 27 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) membantah keras informasi adanya 68 kasus positif virus Corona (Covid-19) di Kantor Pusat Antam, yang berada di daerah TB Simatupang, Jakarta.

Pernyataan itu diberikan guna menanggapi sebaran informasi terkait temuan 375 kasus positif corona yang menyebar di 59 cluster perkantoran di Ibu Kota Jakarta. Dari data tersebut, Kantor Pusat Antam tercatat sebagai cluster dengan jumlah positif terbanyak di Jakarta, yakni 68 kasus.

SVP Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko menyatakan, tidak ada sama sekali kasus terkonfirmasi positif atas pekerja dan tenaga alih daya Antam di Kantor Pusat Jakarta.

"Informasi yang beredar di masyarakat yang menyebutkan adanya 68 kasus di Antam, dapat kami konfirmasi hal tersebut tidak benar dan tidak sesuai dengan data [Antam](Antam ""). Per tanggal 26 Juli 2020, tidak ada kasus terkonfirmasi positif pekerja dan tenaga alih daya Antam di Kantor Pusat Jakarta," tegasnya.

Cek Fakta Liputan6.com pun mendapatkan pernyataan bantahan klaim Kantor Antam terdapat 68 kasus positif Covid-19. Senior Vice President Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko menyatakan, tidak ada kasus terkonfirmasi positif atas pekerja dan tenaga alih daya ANTAM di Kantor Pusat Jakarta. Per tanggal 26 Juli 2020, tidak ada kasus terkonfirmasi positif pekerja dan tenaga alih daya ANTAM di Kantor Pusat Jakarta.

"Informasi yang beredar di masyarakat yang menyebutkan adanya 68 kasus di Antam, dapat kami konfirmasi hal tersebut tidak benar dan tidak sesuai dengan data Antam," kata Kunto.

3 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

klaim Kantor Antam terdapat 68 kasus positif Covid-19 tidak benar.

Senior Vice President Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko menyatakan, tidak ada kasus terkonfirmasi positif atas pekerja dan tenaga alih daya ANTAM di Kantor Pusat Jakarta

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini