Cek Fakta: Hoaks Mark Zuckerberg Ancam Bubarkan Facebook Indonesia

Oleh Adyaksa Vidi pada 27 Jul 2020, 13:42 WIB
Diperbarui 27 Jul 2020, 13:42 WIB
Cek Fakta Facebook
Perbesar
Cek Fakta Facebook Indonesia akan dibubarkan Mark Zuckenberg

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di Facebook meme soal pendiri media sosial tersebut, Mark Zuckerberg. Dalam meme tersebut Zuckerberg disebut akan menutup Facebook di Indonesia.

Salah satu akun yang membagikannya di Facebook adalah Kookie Chaagiya. Dia membagikan postingan tersebut pada Selasa (14/7/2020).

Dalam meme tersebut mengambil tangkapan layar dari web Liputan6.com judul artikel, "Mark Zuckerberg ancam Tutup Facebook di Indonesia karna kerap Dibully netizen."

Postingan juga disertai narasi,

"Dilansir dari Liputan6 bahwa Mark Zuckerberg ancam tutup Facebook Di Indoensia karena kerap dibully netizen!"

"Aelah om Mark mah baperan orangnyaMaennya kurang jauh seh. Coba gabung ama gua sini jadi Kpopers yang tahan banting dengan bacotan hatters. Dijamin ampuh."

Lalu benarkah ada ancaman dari Mark Zuckerberg pada Facebook Indonesia?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengetikkan kata kunci "Mark Zuckerberg facebook liputan6.com" di mesin pencarian Google.

Hasilnya, tidak ada berita di Liputan6.com seperti meme yang viral di media sosial. Hanya ada berita berjudul, "Mark Zuckerberg Yakin Gerakan Pengiklan Boikot Facebook Segera Berakhir."

Berita tersebut tayang pada Jumat (3/7/2020) siang. Isinya pun tidak berkaitan dengan ancaman pembubaran Facebook Indonesia.

Melainkan tentang Mack Zuckerburg yang berkomentar terkait gerakan boikot pengiklan pada perusahaannya. "Kami tidak akan mengubah kebijakan atau pendekatan dalam hal apa pun karena ancaman atas segelintir pendapatan kami," kata Zuckerberg, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Guardian, Jumat (3/7/2020).

Berikut kami lampirkan link artikel sebenarnya....

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Meme di Facebook dengan narasi Mark Zuckerberg akan bubarkan Facebook Indonesia adalah salah. Meme tersebut hanya suntingan dari artikel yang pernah terbit di Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓