Sukses

Cek Fakta: Viral Foto yang Diklaim Suasana Pembukaan Jembatan Golden Gate Tahun 1937, Benarkah?

Beredar foto yang diklaim suasana pembukaan jembatan Golden Gate tahun 1937. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Foto yang diklaim sebagai suasana pembukaan jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat pada 27 Mei 1937 beredar di media sosial. Foto ini disebarkan akun Facebook Henthryas 20 Juli 2020.

Akun Facebook Henthryas mengunggah sebuah foto yang berisi kumpulan orang yang memenuhi sebuah jembatan. Foto tersebut tampak hitam putih.

Akun Facebook Henthryas kemudian mengaitkan foto tersebut dengan suasana pembukaan jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat pada 27 mei 1937.

"Hari pembukaan Jembatan Golden Gate, San Francisco - California pada tanggal 27 Mei 1937," tulis akun Facebook Henthryas.

Konten yang disebarkan akun Facebook Henthryas telah 2 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai suasana pembukaan jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat pada 27 Mei 1937. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Is This a Photo of the Golden Gate Bridge’s 1937 Opening?" yang dimuat situs snopes.com pada 15 Januari 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto tersebut bukan berasal dari tahun 1937. Meskipun foto itu ditampilkan dalam warna hitam-putih, namun foto itu sebenarnya diambil pada tahun 1987. Ketika itu, sekitar 300.000 orang mengerumuni jembatan saat perayaan ulang tahun emasnya.

Gambar aslinya diberi judul sebagai berikut: "Ditembak dari Menara Selatan menghadap ke selatan ke jalan yang menghadap ke kerumunan orang pada perayaan peringatan 50 tahun untuk Jembatan Gerbang Emas."

Himpitan pejalan kaki yang melintasi jembatan pada hari itu pada tahun 1987 menyebabkan jembatan itu melorot sekitar 7 kaki di bagian tengahnya, dan beberapa orang yang melihatnya takut pada saat struktur itu dalam bahaya tekuk, tetapi para insinyur berpendapat bahwa beban gabungan berada dalam kapasitas jembatan.

Pada 24 Mei 1987, 300.000 orang terjebak selama berjam-jam sambil mendapatkan kesempatan langka untuk menyeberangi jembatan sepanjang 1,7 mil secara massal berjalan kaki untuk merayakan ulang tahun emas jembatan.

Para pejabat dengan cepat menutup jembatan, jadi setengah juta orang lain yang menunggu untuk menyeberang tidak pernah mendapat kesempatan. Namun, bobot yang sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya menyebabkan bagian tengah jembatan melorot 7 kaki.

"Saya bersyukur karena jika yang lain ada di sana, mungkin jembatan itu akan jatuh," Gary Giacomini, presiden dewan dewan jembatan, mengatakan kepada The Associated Press pada saat itu.

Tetapi para insinyur mengatakan setelah itu bahwa jembatan itu tidak pernah dalam bahaya runtuh.

"Itu mungkin beban terbesar yang pernah dilihat jembatan," kata Mark Ketchum, seorang insinyur jembatan San Francisco yang mempelajari Jembatan Golden Gate dari 1989 hingga 1991. "Tapi itu tidak melebihi kapasitas beban desain jembatan."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai suasana pembukaan jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat pada 27 Mei 1937 ternyata tidak benar.

Foto tersebut sebenarnya diambil pada tahun 1987. Ketika itu, sekitar 300.000 orang mengerumuni jembatan saat perayaan ulang tahun emasnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini