Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi Berziarah ke Makam Tokoh PKI Widjiatno Notomihardjo

Di Facebook, ada foto Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sedang nyekar yang disebut makam tokoh teras PKI.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat (24/7/2020) dini hari WIB, pemilik akun Facebook atas nama Poskopengaduan Danablt mengunggah foto Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sedang nyekar yang disebut makam tokoh teras PKI.

Foto Jokowi yang sedang nyekar di makam itu kemudian dibagikan oleh akun Alex Batosay ke Grup Facebook Sahabat Aline Yoana Tan. Dalam foto itu, Jokowi disebut nyekar ke makam seorang tokoh PKI, Widjiatno Notomihardjo.

Berikut narasi yang ada di fotonya:

 

"Saya Hendra Gunawan Ketua LSM YLPPMM no telp/WA 082269849334 siap tantang tim indefenden bayaran Jokowi.

Ini Bukan suuzan, bukan juga ghibah. Tapi fakta: Ngapain Jokowi nyekar di kuburan Widjiatno Notomihardjo - salah seorang tokoh teras PKI - Partai Komunis Indonesia. Hubungannya apa?

Ini perlu diungkapkan agar semua sadar akan fakta dan sejarah yg benar..."

Bagaimana fakta yang sesungguhnya dari foto Jokowi sedang nyekar? Simak di halaman selanjutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri foto tersebut. Tim memasukkan foto tersebut ke Google Image. Hasilnya, tim menemukan foto yang sama dengan foto yang disebarkan oleh Poskopengaduan Danablt di media sosial Facebook.

Foto tersebut merupakan foto Jokowi sedang berziarah ke makam orang tuanya di Jawa Tengah pada tanggal 14 Juni 2014. Begitu menurut Tribunnews, media yang pertama kali menggungah foto tersebut pada 15 Juni 2014.

Dalam artikel: 'Jokowi Ziarah ke Makam Ayahnya di Karanganyar', Tribunnews menyebut Jokowi berziarah ketika menjadi calon Presiden RI di periode pertamanya.

 

"Calon presiden pasangan nomor urut dua, Joko Widodo (kedua kanan) bersama ibunda Sujiatmi Notomihardjo (kanan) melakukan ziarah ke makam ayahanda almarhum Widjiatno Notomihardjo di Tempat Pemakaman Keluarga, di Desa Gedangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (14/6/2014)."

"Jokowi menyempatkan melakukan ziarah ke makam ayahanda di sela-sela melakukan kampanye di Kota Solo, Jawa Tengah menjelang bulan Ramadan 1435 H," begitu bunyi caption foto Tribunnews yang diambil oleh fotografer mereka Widodo S Jusuf.

Adapun, ayah Jokowi, seperti dikutip dari CNN Indonesia dalam artikel: 'Jokowi Ziarah ke Makam Ayahnya', bernama Noto Miharjo. Jokowi merupakan anak anak sulung dari empat bersaudara, hasil pernikahan Noto dan Sudjiatmi.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang mengatakan Jokowi berziarah ke makam tokoh TKI, Widjiatno Notomihardjo adalah hoaks. Faktanya, Jokowi berziarah ke makam ayahnya pada 2014 saat dirinya masih menjadi calon Presiden RI di periode pertama.

Tidak ada bukti juga ayah Presiden Joko Widodo, Widjiatno Notomihardjo adalah seorang tokoh PKI.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.