Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu, Ternyata Sudah Dimanipulasi

Tim mencoba mencari gambar yang sama melalui Google Image. Dari mesin pencarian itu, tim menemukan foto mobil yang sangat mirip mobil kayu dengan logo Esemka.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto mobil Esemka berbahan dasar kayu muncul. Foto itu diunggah oleh pemilik akun atas nama Edi Tansil.

Edi Tansil mengunggah foto mobil Esemka berbahan dasar kayu itu pada 21 Juli lalu. Dia membagikannya ke grup Facebook: 'Anies Baswedan for 2024 President'.

Dalam foto, mobil berbahan dasar kayu itu memiliki logo Esemka di bagian belakang dan depannya. Terlihat dengan jelas ada dua orang yang sedang berada di mobil tersebut.

"Grup ini aku tinggalin dulu, mau pokus pilkada di Solo," begitu narasi yang diciptakan Edi Tansil sebagai keterangan foto.

Benarkan Esemka mengeluarkan mobil berbahan dasar kayu? Simak penjelasannya di halaman berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari fakta mengenai foto mobil Esemka berbahan dasar kayu. Tim mencoba mencari gambar yang sama melalui Google Image. Dari mesin pencarian itu, tim menemukan foto mobil yang sangat mirip.

Foto mobil berbahan dasar kayu itu pertama kali diunggah di situs steemit.com pada tahun 2018. Di situs tersebut, foto mobil itu diberi judul: 'Unique car whose body is made of wood'. Dalam bahasa Indonesia menjadi: 'Mobil unik yang terbuat dari kayu'.

"Halo semuanya, apa kabar Anda hari ini? Semoga dalam kondisi baik. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi dengan Anda semua tentang mobil yang sangat unik dan berbeda dari mobil biasa pada umumnya.

Mobil ini sangat unik, badan mobil terbuat dari kayu. Ini ide yang sangat menarik dan kreatif, dan saya yakin ketika pertama kali melihatnya akan tersenyum dan itu benar-benar mustahil," begitu bunyi penjelasan di situs steemit.com.

 

Sementara itu, dikutip dari Detik di artikel yang tayang pada 12 September 2019, sebanyak 60 persen komponen mobil Esemka sudah dibuat dalam negeri. Dari data Kemenperin, total ada lebih dari puluhan vendor lokal yang memasok komponen untuk mobil Esemka. Mereka adalah:

- PT INKA: Tangki BBM, Chassis

- PT IMS + PT. Santoso Cipta Dian Prima: Grill

- PT. Armada Indah Agung Glass: Kaca Depan, Samping Kiri, dan Kanan, dan Kaca Belakang

- PT Nippres Energi Otomotif: Accu

- PT Selamat Sempurna: Fuel Filter dan Oil Filter

- PT Duta Nichrindo Pratama: Air Filter

- PT Bando Indonesia: Belt

- PT Gajah Tunggal: Ban

- Inkoasku: Velg

- ABC Bawen Karoseri: Jok

- PT Inka + ABC Bawen Karoseri: Bak/Kargo

- PT Karya Catur Manunggal: Knalpot

- PT Yogya Presisi Tekuitama Industri: Emblem

- Pertamina: Pelumas

- PT. Fuller Autoparts Indonesia: Alternater Assy & Starter Assy

- PT Indospring: Per Daun

- PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna: Radiator

- PT Anugrah Berkat Cahya Abadi & PT Dana Paint Indonesia: Cat

- Prasindo: Brake Shoes

- UD Adi Surya Gemilang: Engine Mounting

- Koperasi Batur Jaya: Drum Brake

- PT Samudera Luas Paramacitra: Per Daun dan Shockbreaker

- PT Usra Tampi: Dash Board & Steer Wheel

- PT Cikarang Perkasa: Blok Mesin dan Blok Transmisi

- PT Dasa Windu Agung: Head Lining

- Nggawangga Mitra Mulia: Ferro Casting

Jika mengacu kepada foto asli, unggahan @EdiTansil sudah melalui proses penyuntingan dan masuk dalam kategori manipulated content. Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan oleh sebuah media.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto mobil Esemka berbahan dasar kayu bisa dikatakan sebagai informasi yang salah. Sebab, foto itu pertama kali diunggah pada 2018 di situs steemit.com. Foto mobil itu juga sudah dimanipulasi atau di edit dengan logo Esemka.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.