Sukses

Sederet Kabar Hoaks Terkait RUU HIP

Penolakan Rancangan RUU HIP diwarnai dengan sejumlah informasi hoaks yang menyesatkan penerimanya.

Liputan6.com, Jakarta - Penolakan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) diwarnai dengan sejumlah informasi hoaks yang menyesatkan penerimanya, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah klaim terkait RUU HIP.

Berikut daftar sederet hoaks terkait RUU HIP.

1. Klaim foto masyarakat mengepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP

Setelah ditelusuri, klaim foto masyarakat kepung Gedung DPR untuk menolak RUU HIP tidak benar. Foto tersebut merupakan aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung MPR/DPR sepanjang Selasa siang, 24 September 2019.

Aksi tersebut untuk menolak pengesahan sejumlah RUU. Mulai dari RUU KUHP, Revisi UU Permasyarakatan, RUU Minerba dan RUU Pertanahan.

2. Klaim video aksi ujuk rasa mahasiswa menolak RUU HIP

Setelah ditelusuri, klaim video aksi ujuk rasa mahasiswa menolak RUU HIP tidak benar.

Video tersebut merupakan aksi unjuk rasa menolak pengesahan sejumlah RUU. Mulai dari RUU KUHP, Revisi UU Permasyarakatan, RUU Minerba dan RUU Pertanahan, pada 24 September 2019 sebelum isu penolakan RUU HIP merebak.

3. Klaim video unjuk rasa masyarakat menolak RUU HIP

Hasil penelusuran, video unjuk rasa yang diklaim sebagai aksi menolak RUU HIP ternyata tidak benar.

Video yang diunggah akun Facebook Kadek Mulyawan merupakan video unjuk rasa menolak kebangkitan komunisme pada 3 Juni 2016 silam. Ketika itu, pemerintah dan DPR belum membahas RUU HIP.

4. Klaim tidak ada stasiun televisi nasional yang memberitakan aksi penolakan RUU HIP

Hasil penelusuran, klaim tidak ada stasiun televisi nasional yang memberitakan aksi penolakan RUU HIP tidak benar.

Sejumlah stasiun stasiun televisi terbukti menyiarkan aksi tersebut kemudian diunggah pada Channel Youtube mereka.

5. Klaim Kompas TV tidak menyiarkan aksi unjuk rasa menolak RUU HIP

Hasil penelusuran, tidak benar Kompas TV tidak menyiarkan demo menolak RUU HIP, terdapat tayang video jurnalis Kompas TV yang sedang melakukan siaran langsung laporan kondisi demo menolak RUU HIP di depan Gedung DPR MPR Jakarta, pada 24 Juni 2020.

6. Klaim hanya Tv One yang meliput dan menayangkan demo menolak RUU HIP

Hasil penelusuran, Klaim hanya Tv One yang meliput dan menayangkan demo menolak RUU HIP ternyata tidak benar. Beberapa stasiun televisi juga turut meliput dan menayangkan demo menolak RUU HIP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.