Cek Fakta: Tidak Benar Anies Baswedan Foto Bareng dengan Pentolan ISIS

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 21 Jul 2020, 15:39 WIB
Diperbarui 21 Jul 2020, 15:39 WIB
Anies Baswedan
Perbesar
Anies Baswedan. (Twitter)

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Twitter dihebohkan dengan unggahan pemilik akun @maiaindry20. Dalam unggahannya pada 19 Juli 2020, dia menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berfoto dengan pentolan ISIS.

Dalam foto yang sama, selain Anies Baswedan, ada juga Mantan Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. Di foto tersebut, Anies dan Hidayat mengapit pentolan ISIS yang disebut bernama Syekh Yusuf Al-Qaradhawi.

Berikut narasi dari kicauan pemilik akun @maiaindry20:

“#DukungKetegasanPolriJejak digital gak perna berdusta..Betapa mesranya mereka dg idiolog ISIS..apakah DKI mau dijadikan propinsi ISIS pertama di Indonesia.???Bersama Syeikh Yusuf Al-Qaradhawi di kediamannya di Doha, 15 Feb 2009.”

Benarkah Anies Baswedan dan Hidayat Nur Wahid foto bersama pentolan ISIS yang bernama Syeikh Yusuf Al-Qaradawi?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencari kebenaran foto tersebut. Tim mendapatkan artikel dari cekfakta.com. Foto mereka bertiga, Anies Baswedan, Hidayat Nur Wahid, dan Syeikh Yusuf Al-Qaradawi, sudah pernah beredar di tahun 2017.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga mencari kebenaran fakta menggunakan google image. Didapati kalau foto tersebut sudah ramai beredar di Twitter dan Kaskus pada Februari dan Maret 2017.

Dalam pencarian di Google juga tidak ditemukan kalau Al-Qaradhai berafiliasi dengan ISIS. Malahan, di media asal Inggris, Telegraph, Al-Qaradawi pernah mengecam deklarasi yang dimunculkan pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi pada 2014. Hal itu bisa diliat melalui tautan berikut ini.

Pada saat itu, Baghdadi mengklaim dirinya sebagai khalifah yang bernama Ibrahim. Namun Qaradawi menganggap deklarasi itu melanggar hukum syariah dan berpotensi bahaya bagi kaum Sunni di Irak dan pemberontakan di Suriah.

"Khalifah pun hanya dapat diberikan oleh seluruh kaum muslim, bukan oleh satu kelompok," kata Qaradawi.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, yang pernah memeriksa fakta foto yang sama pada 2017, Yusuf al-Qaradawi bukan pentolan atau pendiri ISIS. Bahkan, beberapa pernyataannya mengkritik sepak terjang ISIS. Qaradawi merupakan aktivis Ikhwanul Muslimin di Mesir.

Dalam beberapa kesempatan, Yusuf Al-Qaradawi pernah berkunjung ke Indonesia, yakni pada Januari 2007 dan Januari 2009. Kunjungan itu mempertemukannya dengan beberapa tokoh penting Indonesia, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta pimpinan MPR, Hidayat Nur Wahid dan Aksa Mahmud.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Foto yang menyebut Anies Baswedan berfoto bersama pentolan ISIS dinyatakan salah. Sebab, orang yang berfoto bersama Anies Baswedan dan Hidayat Nur Wahid adalah aktivis Ikhwanul Muslimin di Mesir.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓