Sukses

Cek Fakta: Hoaks, Aktor Netflix Tewas dalam Kecelakaan Mobil

Berita mengenai kematian aktor Netflix berusia 21 tahun itu ramai dibicarakan usai diunggah akun Nomoredeath and obituaries.

Liputan6.com, Alaska - Media sosial Facebook dihebohkan dengan meninggalnya Rudy Pankow, aktor pemeran Outer Banks, sebuah acara televisi di Netflix. Dia dikabarkan meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada Minggu (19/7/2020).

Berita mengenai kematian aktor Netflix berusia 21 tahun itu ramai dibicarakan usai diunggah akun Nomoredeath and obituaries. Akun itu membagikan link berita yang dimuat insideeko dengan judul: 'Rudy Pankow Death'.

"Teman dan keluarga almarhum berduka atas meninggalnya Rudy Pankow yang mereka cintai dan sayangi. Ini menjadi kematian yang tidak terduga," begitu bunyi dari isi artikel tersebut.

Berita yang dimuat dalam situs insideeko itu juga menyebut Rudy Painkow meninggal dalam kecelakaan mobil. Mereka juga masih mencari pernyataan dari keluarga dan kerabat terdekat.

Lalu, benarkah Rudy Pankow, aktor yang sedang hits di Netfilx telah tutup usia seperti yang diberitakan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri tentang berita yang menyebut Rudy Pankow meninggal dunia. Penelusuran dilakukan melalui situs berita Newsnow.co.uk pada Senin (20/7/2020). Dari sana, tim Cek Fakta diarahkan ke link situs Monster & Critics yang berjudul: 'Rudy Pankow death hoax: The Outer Banks star did not die in a car crash'.

Dalam artikel tersebut dijelaskan kalau Rudy Pankow sudah terkena serangan hoaks. Aktor kelahiran Alaska, Amerika Serikat itu masih hidup.

Pankow menjadi sasaran berita hoaks karena keberhasilannya dalam drama seri di Netflix, Outer Banks. Film seri ini pertama kali dirilis saat pandemi virus corona covid-19, Maret lalu. Sejak dirilis, seri ini masih dalam 10 besar acara paling populer di Netflix.

"Sepertinya Anda mendengar banyak hal, tetapi Anda tidak benar-benar melihatnya. Anda tidak melihat semua keributan yang telah terjadi," kata Rudy Pankow dalam artikel tersebut.

Sementara itu di situs lain, TheCinemaholic dengan artikel: 'Fact Check: Is Rudy Pankow Really Dead?' juga menyatakan kalau sang aktor masih hidup dan sehat.

"Pankow belum menanggapi berita hoaks ini dan belum masuk ke media sosialnya lagi selama sebulan. Namun, cerita tentang kematiannya memang palsu," tulis TheCinemaholic.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang kematian Rudy Pankow adalah berita bohong atau hoaks. Namun, Pankow belum menanggapi berita ini dan dia sudah tidak aktif selama sebulan di media sosial miliknya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.