Sukses

Cek Fakta: Judul Menyesatkan Digunakan dalam Kabar Viral Agnes Monica Meninggal Dunia

Beredar kabar hoaks penyanyi Agnes Monica meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Agnes Monica yang meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs bagikanberitaviral.com dengan judul artikel "Berita Duka Agnes Monica Dikabarkan Meninggal Karena Dibunuh Di Sebuah Salon Di Jakarta" yang ditayangkan pada 4 Juli 2020.

Berikut isinya:

Agnes Monica yang tengah meniti karir di Amerika itu dikabarkan meninggal dunia karena dibunuh. Ia meninggal saat berada di sebuah salon.

Saat Tribunjateng.com menelusuri, berita yang menimpa Diva internasional itu adalah Hoax.

Memang benar Agnez Monica meninggal, namun korban yang dimaksud adalah pemilik Salon Agnez di kawasan Jalan A Yani KM 5,5 Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Agnez Monica menjadi korban pembunuhan pada hari Senin (26/11/2018) sekitar pukul 02.30 Wita.

Tubuh Agnez ditemukan membengkak dengan luka menghitam. Peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh seorang pengunjung.

Pengunjung tersebut mencoba memanggil-manggil Agnez namun tak ada jawaban. Salonnya masih tutup. Anehnya, tercium bau busuk dari dalam.

Saat didobrak, pengunjung tersebut menemukan Agnez Monica meninggal dengan tubuh tertutup selimut. Berita tewasnya Agnez Monica itu pertama kali diunggah oleh salah satu portal online di Kalimantan Selatan. Penyanyi kondang Agnes Monica sendiri sekarang dalam keadaan yang baik-baik saja Bukan Kali Pertama

Berita ini bukanlah kali pertama menimpa Agnes Monica atau yang akrap disapa Agnez Mo. Tepatnya pada 2011 lalu, Agnez Mo juga pernah dikabarkan meninggal dunia. Saat itu, Mo langung memberikan konfirmasinya melalui Twitter.

Unggah Foto

Seolah enggan memperpanjang kabar tersebut, Agnez Mo langsung mengunggah sebuah foto di akun Instagramnya, Selasa (27/11/2018).

Pelantun Overdose itu mengunggah poster dirinya yang sedang mempromosikan salah satu acaranya di Los Angeles, Amerika Serikat mendatang. Hingga berita ini diunggah, Redaksi Tribunjateng tengah menunggu konfirmasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar Agnes Monica meninggal dunia yang dimuat situs bagikanberitaviral.com. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Terungkap Asal Hoax Agnez Monica Dikabarkan Meninggal Dunia Dibunuh" yang dimuat situs jateng.tribunnews.com pada 27 November 2018 lalu. Artikel tersebut ternyata digunakan situs bagikanberitaviral.com sebagai sumber.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kabar meninggalnya Agnes Monica adaah hoaks. Agnes Monica yang dimaksud adalah pemilik Salon Agnez yang terletak di Jalan A Yani KM 5,5 Stadion Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang penyanyi Agnes Monica meninggal dunia ternyata tidak benar atau hoaks. Kabar viral menggunakan judul yang menyesatkan (false headline).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.