Sukses

Cek Fakta: Hoaks Baim Wong dan Dompet Dhuafa Bagikan Hadiah Uang, iPhone, serta Mobil

Beredar informasi Baim Wong memberikan hadiah uang, iPhone Max Pro dan mobil kepada 500 orang pemenang, cek fakta sebelum percaya.

Liputan6.com, Jakarta Beredar informasi Baim Wong memberikan hadiah uang, iPhone Max Pro dan mobil kepada 500 orang pemenang.

Informasi tersebut dibagikan dalam bentuk foto Baim Wong yang diberi tulisan "SEDEKAH TANDA SYUKUR BERBAGI REJEKI BERSAMA SICEPAT DOMPET DHUAFA". Foto tersebut diunggah akun Facebook Ba'im Wo'ng, pada 20 Juni 2020.

Foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

BUAT 500 ORANG PEMENANGRilis Hadiah!1.Uang 5jt2.Iphone Max Pro3. Satu Buah Mobil

Caranya gampang1. Spam >>P<< sampe 100k2. Share ke 5 grup3. Daftarkan .untuk menang👇:👉https://instabio.cc/206189cLQKj🔗🔗👆👆👆

Caranya gampangkan bossquee??Pengumuman pemenang tonton live streaming post selanjutnya .. Lihat Lebih Sedikit— bersama Shammy Page.

Unggahan foto tersebut telah mendapat ribuan komentar dan dibagikan 108 kali.

Benarkah Baim Wong membagikan hadiah uang, iPhone dan mobil? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Baim Wong membagikan hadiah uang, iPhone dan mobil dengan menghubungi pihak Dompet Dhuafa.

Direktur Komunikasi dan Penggalangan Sumberdaya Dompet Dhuafa, Bambang Suherman mengatakan, unggahan tersebut tidak benar.

Dompet Dhuafa tidak menjalin kerja sama dengan Baim Wong untuk program seperti klaim tersebut. Akun Facebook yang mengatasnamakan Baim Wong pun palsu.

"Ini akun Baim palsu dan Dompet Dhuafa tidak ada kerja sama dengan Baim untuk hal tersebut," kata Bambang saat berbincang dengan Liputan6.com.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan menambahkan, program pada klaim palsu itu bermodus penipuan. "Yang ini abal-abal, penipuan" tegasnya.

Dia pun menunjukan program resmi Baim Wong dan Dompet Dhuafa yang sesuai fakta.

 

Penelusuran Baim Wong Bagikan Hadiah Uang, Iphone dan Mobil

"Dokumen info teman-teman yang bener yang ini ya," tutupnya

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi Baim Wong memberikan hadiah uang, iPhone Max Pro dan mobil kepada 500 orang pemenang tidak benar, akun yang mengunggah klaim tersebut palsu dan diduga kuat bermodus penipuan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini