Cek Fakta: Tidak Benar Demonstran di AS Berjoget Diiringi Lagu Gemu Famire

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 16 Jun 2020, 20:44 WIB
Diperbarui 16 Jun 2020, 20:45 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video Unjuk Rasa Warga di Amerika Serikat
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video Unjuk Rasa Warga di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah video yang merekam aksi demonstran di Amerika Serikat berjoget. Dalam video itu terdengar lagu asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Gemu Famire.

Video tersebut disebarkan akun Facebook Reza Icha Safrilyan Gunawijaya pada 2 Juni 2020 lalu. Akun Facebook Reza Icha Safrilyan Gunawijaya mengklaim bahwa demonstran berjoget diiringi lagu Gemu Famire.

"Akhirnya demonstran takluk hanya dengan lagu Gemu Fa Mire 🎼🎼😝#G…," tulis akun Facebook Reza Icha Safrilyan Gunawijaya.

Konten yang disebarkan akun Facebook Reza Icha Safrilyan Gunawijaya telah beberapa kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video demonstran berjoget diiringi lagu Gemu Famire. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Protesters dance together to ‘Cupid Shuffle’ during peaceful NJ demonstrations" yang dimuat situs fox29.com pada 31 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa protes dan unjuk rasa warga atas kematian George Flyod masih terus berlangsung di sejumlah wilayah Amerika Serikat. Satu di antaranya, New Jersey.

Demonstrasi yang terjadi di New Jersey cenderung lebih damai dibanding kota-kota lainnya. Tidak banyak penjarahan dan vandalisme saat demonstrasi terjadi di sana.

Para pengunjuk rasa di sana lebih memilih menyuarakan aspirasinya sambil menari Cupid Shuffle. Aksi tersebut diabadikan oleh sejumlah warga. Videonya pun viral di Twitter setelah diunggah oleh akun @ForstyTheSkid pada 31 Mei 2020.

Video tersebut telah mengumpulkan lebih dari 1,7 juta tampilan dengan ratusan komentar yang memuji kota dan negara bagian untuk protes yang sebagian besar damai.

Liputan6.com kemudian melihat video yang diunggah akun Twitter @ForstyTheSkid. Dalam video berdurasi 30 detik itu tidak terdengar lagu Gemu Famire. Para demonstran hanya terlihat menari sambil diiringi lagu yang terdengar samar-samar.

 

Gambar Tangkapan Layar Video dari Akun Twitter @ForstyTheSkid

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim video demonstran berjoget diiringi lagu Gemu Famire ternyata tidak benar. Video serupa yang diunggah akun Twitter @ForstyTheSkid tidak terdengar lagu Gemu Famire.

Video yang diunggah akun Facebook Reza Icha Safrilyan Gunawijaya diduga telah disunting dengan memasukkan lagu Gemu Famire.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓