Cek Fakta: Cara Menggunakan Bawang Putih Sebagai Obat Sakit Telinga Ini Salah

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 23 Mei 2020, 12:37 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 12:37 WIB
Penelusuran Cara Menggunakan Bawang Putih Sebagai Obat Sakit Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit telinga, kabar tersebut diunggah akun Facebook Lu'latul Jannah, pada 30 April 2019.

Berikut isi unggahan tersebut:

"Bawang putih selain di gunakan untuk bumbu masak ternyata bisa di gunakan untuk berbagai macam obat tradisional

Dan ini salah satunya

caranya sbb :

1. Sediakan bawang putih organik

2. Terlebih dahulu kupas kulit bawang putih

3. Potong ( ambil ) bagian tengah umbi bawang yang berwarna lebih kuning

4. Lalu sesuaikan ukurannya, sekiranya bisa menempel di lubang telinga

5. Tempelkan bawang putih ke lubang telinga dalam waktu semalam

6. Silahkan dilihat hasilnya setelah anda bangun tidur

bawang putih sangat efektif sebagai pembersih telinga alami.

kemungkinan besar terdapatnya kuman maupun bakteri dapat di bersihkan lebih mudah & efektif.

semoga bermanfaat ya guys !! ūüėä"

Benarkah cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit telinga? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit telinga menggunakan Google Search dengan kata kunci 'bawang putih mengobati sakit telinga'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Infeksi Tak Sembuh, Masukkan Bawang Putih ke Telinga Malah Bikin Sakit Lebih Parah" yang dimuat situs liputan6.com, pada 28 November 2019.

Situs tersebut menyebutkan, bawang putih punya banyak manfaat sebagai terapi kesehatan alami. Walau begitu, pemakaiannya pun tetap harus dilakukan sesuai aturan dan tidak boleh sembarangan.

Seorang pria di Tiongkok mencoba memasukkan satu siung bawang putih ke dalam telinganya untuk menyembuhkan infeksi yang dialaminya. Cara itu dilakukannya usai membaca sebuah metode penyembuhan di internet.

Bukannya sembuh, pria ini merasakan rasa sakit di telinganya. Dia pun membawanya ke Sanhe Hospital dan menemui dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT).

Zhong Yijun, spesialis THT yang menangani pasien tersebut, mengatakan bahwa ada benda asing berwarna putih di dalam saluran telinga kirinya.

Yijun lalu mengeluarkan benda tersebut dari telinga pasien. Dia menemukan bahwa itu adalah bawang putih yang telah berbau dan membusuk.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Mengobati Otitis Media" yang dimuat situs halodoc.com, pada 26 April 2019.

Situs tersebut menyatakan, untuk mengatasi otitis media (pada bagian telinga) penggunaannya tidak boleh secara langsung dioleskan atau dimakan mentah beberapa siung. Namun, bawang putih ini bisa digunakan dalam bentuk ekstrak.

"Ibu bisa mengolah bawang putih sebagai obat tetes telinga. Caranya cukup sederhana kok. Rendam bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Setelah disaring, ambilah minyak dan oleskan ke dalam lubang atau saluran telinga."

Yang perlu digarisbawahi, bawang putih dapat berisiko menimbulkan perdarahan internal. Tak cuma itu saja, penggunaan dalam dosis besar juga bisa memperkuat efek obat pengencer darah.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sakit telinga dengan memotongnya dan ditempelkan ke dalam lubang telinga tidak benar, sebab potongan bawang berisiko masuk ke lubang telinga dan menimbulkan permasalahan baru.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓