Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi Blue Bird Grup soal Brosur Paket Mudik Sehat PSBB 2020

Beredar gambar brosur paket mudik sehat PSBB dari Blue Bird Grup. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang perusahaan transportasi Blue Bird Grup yang membuka program mudik di tengah pandemi virus corona COVID-19 beredar di media sosia.

Kabar ini beredar dalam sebuah gambar brosur di aplikasi percakapan WhatsApp pada (19/5/2020). Dalam gambar tersebut terdapat narasi bertajuk "Mudik Sehat PSBB 2020".

Selain itu terdapat juga tarif yang diberlakukan kepada konsumen yang akan mengikuti Mudik Sehat PSBB 2020. Berikut isinya:

Bigbird mulai dari Rp 650 ribu

Bus 54 Seat Kapasitas 27 Penumpang

Tujuan Jawa Tengah

Rp 650.000 (one way)

Rute: Tangerang -Jakarta-Semarang-Yogyakarta

Tujuan Jawa Timur

Rp 850.000 (one way)

Rute: Tangerang-Jakarta-Surabaya

Arus Mudik: 19 Mei s/d 23 Mei 2020

Arus Balik: 26 Mei s/d 2 Juni 2020

Untuk pemesanan tiket, hubungi:

0811 1794 1234

0811 1453 456

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang perusahaan transportasi Blue Bird Grup yang membuka program mudik di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "blue bird mudik". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai program mudik dari Blue Bird Grup tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Blue Bird: Tidak Ada Program Mudik Sehat" yang dimuat situs Liputan6.com pada (19/5/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Blue Bird Group membantah bahwa perusahaan menawarkan paket mudik sehat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perusahaan tengah menelusuri adanya brosur di media sosial yang menawarkan program mudik tersebut.

"Tidak ada program ini dari perusahaan," jelas Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono kepada Liputan6.com, Selasa (19/5/2020). "Saya masih telusuri dari mana. Yang pasti perusahaan tidak mempunyai program mudik," lanjut dia.

Direktur Marketing, Blue Bird Amelia Nasution menambahkan, Blue Bird sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam melarang implementasi mudik sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran virus Corona.

"Komunikasi di luar hal tersebut bukan merupakan komunikasi resmi dari perusahaan," kata dia.

Sebelumnya beredar di media sosial dan melalui pesan berantai bahwa perusahaan transportasi Bigbird yang merupakan salah satu unit usaha dari Blue Bird menawarkan program mudik sehat.

Dalam brosur tersebut mudik akan menggunakan bus dengan kapasitas 54 kursi yang diisi dengan 27 penumpang saja.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang perusahaan transportasi Blue Bird Grup yang membuka program "Mudik Sehat PSBB 2020" ternyata tidak benar.

Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono mengungkapkan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan program "Mudik Sehat PSBB 2020".

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini