Cek Fakta: Ini Bukan Foto Presiden Jokowi Saat Membuka Konser Amal BPIP

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 18 Mei 2020, 17:56 WIB
Diperbarui 18 Mei 2020, 17:56 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Foto Presiden Jokowi yang tengah berswafoto di tengah kerumunan penonton konser beredar di media sosial. Foto ini disebarkan oleh akun Facebook Fathan Karim pada 17 Mei 2020.

Akun Facebook Fathan Karim kemudian mengaitkan foto tersebut dengan konser amal bertajuk "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Minggu 17 Mei 2020.

"Konser Yang Menyinggung Umat Islam

Oleh:M. Rizal Fadillah

KONSER amal untuk melawan wabah corona tanggal 17 Mei malam terasa janggal. Penyelenggaranya Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan MPR RI, Gugus Tugas Covid 19 dam instansi lain.Aneh, di tengah kebijakan PSBB dan bulan Ramadhan masih terfikir dan mampu mengadakan konser berskala "kenegaraan". Ketua MPR sengaja berkampanye mengajak masyarakat untuk hadir dalam konser virtual.

Di bulan Ramadhan 10 hari terakhir yang dalam keadaan normal umat Islam dianjurkan i'tikaf di Masjid, biasa shalat tarawih berjamaah, tadarus Al Qur'an. Justru kini umat harus hadir menonton konser. Sungguh menyedihkan. Menurut Pastor Benny Soesetyo Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP konser ini wujud dari pengamalan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Konser "kenegaraan" ini tidak berperi kemanusiaan.Suasana yang sedang dihadapi adalah keprihatinan.Ketika manusia mempertaruhkan kesehatan dan jiwanya di tengah wabah, masih sempat "nyanyi-nyanyi" terprogram.Tidak adil, karena hasil donasi sepenuhnya hanya diperuntukkan bagi pekerja seni dan seniman. Itupun dihimpun hanya oleh satu Yayasan saja.Bagaimana dengan masyarakat terdampak lain seperti ojek, sopir angkot, buruh ter PHK, pedagang kecil yang semua juga mengalami kesulitan yang mungkin lebih parah?

Tidak beradab, karena adabnya urusan dana rakyat siapapun termasuk seniman adalah kewajiban Pemerintah. Tidak beradab pula di tengah tengah umat Islam beribadah khusyu berburu malam "lailatul qadar" negara justru menyelenggarakan konser bernyanyi. Kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan.

Pemerintah menyinggung umat Islam yang sedang dipersulit untuk beribadah di masjid. Shalat jum'at dan shalat ied pun ditiadakan. Mudik silaturahmi tidak bisa. Ini malah konser lagi. Sayangnya Wapres yang Kyai pun bukan mencegah atau menasehati malahan terlibat. Diagendakan untuk membacakan do'a. Setelah menikmati nyanyi nyanyi.

Kita ini ambivalen antara keseriusan dan kedisiplinan dalam mengatasi wabah di satu sisi dengan relaksasi dan "konserisasi" di sisi lain.

Entah lagu lagu apa yang akan dibawakan mungkin Bimbo membawakan lagu rohani, tetapi artis lainya seperti Rosa, Judika, Ruth Sahanaya, Inul Daratista, Via Vallen, Marion Jola belum terpublikasikan.Ini konser Corona bukan konser Ramadhan. Jadi acara seperti ini seharusnya bisa dilakukan setelah bulan Ramadhan.Di luar bulan sucinya umat Islam.

Program BPIP ini tidak signifikan, MPR pun terlalu menyederhanakan kegiatan. Seperti kehilangan agenda utamanya sebagai lembaga penting dalam Negara. Meskipun akhirnya rakyat hanya bisa mengurut dada.

Indonesia sedang berduka. Duka lara karena cara mengelola negara yang semrawut alias tidak terencana.

(Pemerhati Politik dan Keagamaan)," tulis akun Facebook Fathan Karim.

Konten yang diunggah Facebook Fathan Karim telah 527 kali dibagikan dan mendapat 46 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Reverse Image
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Reverse Image

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi yang hadir dalam acara konser amal "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona".

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs pencari Google Reverse Image. Hasilnya terdapat foto serupa yang diunggah akun Twitter resmi Sekretariat Kabinet, @setkabgoid pada 8 Oktober 2017.

Gambar Tangkapan Layar Foto Presiden Jokowi dari Akun Twitter @setkabgoid

Akun Twitter @setkabgoid memberikan keterangan dalam foto tersebut. "Presiden @jokowi saat menyaksikan Festival Musik Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat," tulis akun Twitter @setkabgoid.

Dalam foto tersebut, Presiden Jokowi tampak berswafoto dengan sejumlah penonton konser. Ketika itu, Jokowi didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Jokowi konser BPIP". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kehadiran Jokowi di konser tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Jokowi Buka Konser Virtual Lawan Corona yang Digagas BPIP" yang dimuat situs cnnindonesia.com pada Minggu 17 Mei 2020.

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo membuka konser amal penggalangan dana secara virtual bertajuk "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" yang disiarkan di sejumlah stasiun televisi, Minggu (17/5).

Konser ini merupakan acara yang digelar MPR bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Konser dibuka dengan video yang menampilkan gabungan para pejabat negara yang menyanyikan lagu 'Ibu Pertiwi'. Kemudian grup vokal Bimbo menyanyikan lagu bertema corona.

Dalam pembukaan acara, Jokowi menyampaikan agar semua menunjukkan sebagai bangsa yang kuat dan tangguh untuk menghadapi pandemi corona.

"Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat, dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu hadapi pandemi covid ini," ujar Jokowi melalui video.

Ia juga meminta warga menjaga persatuan dan kesatuan dan kepedulian pada sesama yang terdampak corona. "Kita tunjukkan bahwa kita mampu menunjukan kepedulian pada sessma terutama yang terdampak covid. Jagalah diri kita, peduli dengan di sekitar kita dan bersama-sama perangi pandemi covid," katanya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi yang hadir dalam acara konser amal "Berbagi Kasih Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona" ternyata tidak benar. Foto tersebut merupakan foto Presiden Jokowi saat menonton Festival Musik Synchronize Fest di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 2017 lalu.

Jokowi tidak hadir di lokasi acara konser amal yang digelar BPIP. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya membuka konser lewat tayangan video.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓