Cek Fakta: Tidak Benar Madu Dicampur Bawang Putih Bisa Sembuhkan Kanker

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 12 Mei 2020, 11:47 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 11:47 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Tentang Obat Kanker

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Fadhil Ashari pada 27 Desember 2016.

Akun Facebook Fadhil Ashari mengunggah gambar berisi narasi sebagai berikut:

Tolong Sebarkan.! 1X Anda Sebarkan Berarti Anda Telah Menyelamatkan Jutaan Manusia.!

LUAR BIASA,!! MADU DI CAMPUR BAWANG PUTIH AKAN MENGHASILKAN MANFAAT YANG TAK TERDUGA BISA MENGHANCURKAN PERTUMBUHAN SEL KANKER,!! BILA ADA SAUDARA ATAUPUN TETANGGA YANG MENGIDAP PENYAKIT KANKER BELUM KUNJUNG SEMBUH TOLONG KASIH TAHU CARA INI,!! INSYA ALLAH PENYAKIT YANG DI DERITA AKAN SEMBUH

Konten yang disebarkan akun Facebook Fadhil Ashari telah 41 ribu kali dibagikan dan mendapat 178 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "garlic and honey cancer". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai klaim tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "FIT WebQoof: Could This Homemade Remedy Cure Cancer?" yang dimuat situs thequint.com pada 28 November 2019.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kenari, lemon, madu, biji-bijian, dan bawang putih diklaim bisa melindungi seseorang dari kanker, bahkan konon bisa menyembuhkan penyakit tersebut. 

Namun, menurut American Institute of Cancer Research (AICR), tidak ada satu pun makanan atau komponen makanan yang dapat melindungi seseorang dari kanker dengan sendirinya.

Penelitian menunjukkan bahwa diet yang terdiri dari berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya membantu menurunkan risiko kanker, bukan menyembuhkannya.

Sementara, Direktur Bedah Onkologi di Fortis, Gurugram, dr Niranjan Naik menyebut, "Tidak ada obat pasti untuk kanker. Setelah didiagnosis, tidak ada buah atau sayuran yang bisa mengobatinya. Bahkan bahkan dengan obat-obatan, kita tidak dapat memastikan akan 100 persen sembuh," dr Niranjan Naik.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker ternyata tidak terbukti secara klinis. American Institute of Cancer Research (AICR) menyebut tidak ada satu pun makanan atau komponen makanan yang dapat melindungi dari kanker.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓