Cek Fakta: Hoaks Tutorial Mengganti Background Facebook

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 08 Mei 2020, 17:35 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 17:37 WIB
Gambar Tangkapan Layar Tutorial Palsu Mengganti Background Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang tutorial atau tata cara mengganti background facebook menjadi foto sendiri beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Ihwan Babylook pada 7 Mei 2020.

Akun Facebook Ihwan Babylook mengunggah gambar tangkapan layar profil di Facebook dengan tampilan yang sudah diubah. Akun tersebut kemudian mengajak para warganet untuk mengubah tampilan Facebook mereka dengan tutorial sebagai berikut:

"Mau tau cara ganti background Facebook jadi Poto sendiri ?Nih caranya 💯 No Hoax😊

1. Spam ⏩P⏪ di komentar 5 kali

2. Share postingan ini ke 3 Grup

3. Lalu masuk grup ⏩ ===Made In +6262 <=== ⏪

4. Komen "sudah"😊😜

5.Tunggu 10 menit sampai ada notifikasi dari Pihak fb😉," tulis akun Facebook Ihwan Babylook.

Konten yang diunggah akun Facebook Ihwan Babylook telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 2.500 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang tutorial atau tata cara mengganti background Facebook menjadi foto sendiri. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Juru Bicara Facebook Indonesia.

Juru Bicara Facebook Indonesia mengatakan bahwa tidak ada fitur untuk mengganti background Facebook, apalagi dengan mengikuti tutorial tersebut.

"Belum ada fitur seperti ini," demikian keterangan Juru Bicara Facebook Indonesia, Jumat (8/5/2020).

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "cara mengubah background facebook menjadi foto sendiri". Namun, artikel yang dimuat bukan berasal dari situs resmi Facebook.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang tutorial atau tata cara mengganti background facebook menjadi foto sendiri ternyata tidak benar. Tutorial yang disebarkan akun Facebook Ihwan Babylook bukan berasal dari Facebook.

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓