Cek Fakta: Foto Jenazah Mengenakan Setelan Jas Bukan Almarhum Didi Kempot

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 05 Mei 2020, 17:32 WIB
Diperbarui 05 Mei 2020, 17:32 WIB
Gambar Tangkapan Layar Pesan Berantai di Aplikasi Percakapan WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan tanah air kembali berduka, menyusul kabar meninggalnya penyanyi campur sari Dionisius Prasetyo atau yang akrab disapa Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020). Di tengah kabar duka tersebut, muncul foto yang diklaim sebagai jenazah Didi Kempot di media sosial.

Foto tersebut beredar dalam pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp. Foto tersebut menampilkan jenazah di dalam peti mati. Jenazah tersebut tampak mengenakan setelah jas berwarna hitam.

Terdapat juga narasi yang mengaitkan bahwa foto tersebut adalah jenazah Didi Kempot. Berikut narasinya:

RIP Dionisius Prasetyo alias Didi Kempot semogo beristirahat kekal dalam damaiNya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang foto yang diklaim sebagai jenazah Didi Kempot. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "foto jenazah Didi Kempot".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto jenazah Didi Kempot. Satu di antaranya artikel berjudul "Jenazah Didi Kempot Tak Disemayamkan, Hanya Dilewatkan di Rumah Duka" yang dimuat situs jateng.suara.com pada Selasa (5/5/2020).

Gambar Tangkapan Layar Berita dari Situs suara.com

Dalam artikel tersebut terdapat foto jenazah Didi Kempot yang dibalut selimut berwarna krem dan terbaring di atas ranjang pasien. Foto ini jelas tidak identik dengan foto yang beredar di pesan berantai WhatsApp, yang diklaim sebagai jenazah Didi Kempot.

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs berbagi video YouTube. Liputan6.com memasukkan kata kunci "jenazah Didi Kempot". Hasilnya terdapat beberapa Channel YouTube yang menayangkan video jenazah Didi Kempot yang tiba di rumah duka.

Satu di antaranya video berjudul "Jenazah Didi Kempot Tiba di Rumah Duka" yang ditayangkan Channel YouTube KOMPASTV pada Selasa (5/5/2020).

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube KOMPASTV

Video tersebut menayangkan jenazah Didi Kempot yang tiba di rumah duka, Desa Majasem, Ngawi, Jawa Timur. Dalam video, jenazah Didi Kempot tampak disalatkan oleh keluarga dan kerabat.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai jenazah Didi Kempot dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam ternyata tidak benar. Foto tersebut bukan foto jenazah Didi Kempot.

Foto jenazah Didi Kempot saat berada di Rumah Sakit tidak mengenakan setelan jas. Sedangkan saat tiba di rumah duka, peti jenazah Didi Kempot tidak dibuka. Sehingga tidak terlihat kondisi jasad Didi Kempot.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓