Cek Fakta: Ini Bukan Video Polisi China Pakai Seragam Polri

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 04 Mei 2020, 17:31 WIB
Diperbarui 04 Mei 2020, 17:31 WIB
Video Ini Bukan Polisi China Pakai Seragam Polri

Liputan6.com, Jakarta- Beredar video yang diklaim sebagai polisi China yang mengenakan seragam Polri.

Video tersebut memperlihatkan sekelompok orang sedang melakukan upacara dengan menggunakan Bahasa China dan mengenakan seragam Polri. Rekaman itu diunggah akun Facebook Refizul Aliunir Eko, pada 24 Mei 2020.

Dengan keterangan sebagai berikut:

"polisi china komunis"

Video yang dibagikan tersebut bersumber dari unggahan video akun Facebook Idham Idham, pada 2 Mei 2020 dan telah dibagikan 8 ribu kali.

Dengan keterangan sebagai berikut:

"Maaf mau tanya gaes ini maksudnya apa ya? Ini polisi Indonesia apa polisi china?"

Benarkah video tersebut Polisi China komunis yang mengenakan seragam Polri? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Polisi China mengenakan seragam Polri, dengan menangkap layar video tersebut, untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image Reverse.

Penelusuran Klaim Polisi China Pakai Seragam Polri

Penelusuran mengarah pada akun Instagram resmi BAG SUMDA Polres Belitung @bagsumdapolresbelitung.

Akun tersebut memberikan keterangan sebagai berikut:

Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa ūüėĀūüėČ.

Dalam artikel berujudul "[DISINFORMASI] Pancasila Diubah Menjadi Bahasa Cina" yang dimuat situs kominfo.go.id, pada 8 November 2019 juga menjelaskan terkait video yang viral. 

Artikel tersebut menyatakan, video tersebut dokumentasi aktivitas di Sebasa Lemdiklat Polri. Sebasa sendiri merupakan singkatan dari Sekolah Bahasa.

Sebasa Lemdiklat Polri merupakan lembaga pendidikan Polri yang mengajarkan 5 bahasa asing bagi seluruh anggota Polri se- Indonesia, diantaranya Bahasa Indonesia (bagi siswa Mancanegara), Bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, Arab dan Jepang.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim video Polisi China komunis yang mengenakan seragam Polri tidak benar. Dalam video tersebut menampilkan anggota Polri yang mengikuti sekolah bahasa Lemdiklat Polri.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓