Cek Fakta: Video Ini Bukan Prosedur Pengangkatan Dahak Pasien COVID-19 dengan Ventilator

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 02 Mei 2020, 12:12 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 12:13 WIB
Video Penanganan Darurat Pasien COVID-19

Liputan6.com, Jakarta- Beredar video yang mengklaim pertolongan darurat pasien virus corona baru (COVID-19), berupa pemasangan ventilator untuk mengangkat dahak di paru-paru.

Dalam video memperlihatkan seorang yang sedang dalam perawatan medis, dibuatkan lobang pada tenggorokannya kemudian dimasukan selang.

Video tersebut diunggah akun Facebook Novi Mamsfajali, pada 20 April 2020. Dengan keterangan sebagai berikut:

"Begini cara pertolongan Emergency Covid 19 .. pasang Ventilator + jalan terakhir suction utk mengangkat dahak/lendir di paru2😱, kalo semua gagal, *Good Bye*😭 jangan main~main, lebih baik *Stay at Home* 🏠"

Benarkah video tersebut penanganan darurat pasien COVID-19? Simak Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penanganan darurat pasien COVID-19, dengan melakukan tangkapan layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Reverse Image.

penelusuran Google Image video penanganan darurat pasien COVID-19

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "事實釐清】網傳影片宣稱「這部影片,是染新冠病患所進行安装呼吸器..., 看這過程感覺極度痛苦難受啊!」?" dimuat situs tfc-taiwan.org.tw, pada 23 April 2020.

Dalam artikel tersebut, konsultan pusat konsultasi penyakit dada Dr. Su Yifeng mengatakan, kegiatan dalam video tersebut merupakan tindakan bedah membuat lubang pada saluran udara untuk menangani pasien gagal napas.

Opersi membuat saluran udara tidak dilakukan pada pasien virus corona baru.

Direktur Konsultan Pusat verifikasi Departemen Mikrobiologi dan Penyakit Menular, Universitas Kedokteran Tiongkok Profesor Lu Minji menjelaskan, dalam video tersebut dokter menyayat leher pasien dengan membuat lubang untuk memperluas saluran napas sehingga mempermudah pernapasan. Namun bukan untuk menangani pasien virus corona baru atau COVID-19.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim video pertolongan darurat pasien COVID-19 tidak benar. Penanganan pasien dalam video tersebut merupakan operasi membuat lubang saluran udara untuk menangani pasien gagal napas, bukan untuk mengangkat dahak atau lendir dari paru-paru

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓